Kesehatan Umum

Minum jus belimbing bisa menurunkan tekanan darah tinggi

Rabu, 16 September 2020 | 15:23 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Minum jus belimbing bisa menurunkan tekanan darah tinggi

ILUSTRASI. Petani Belimbing Dewa Abdul Rojak dan Rahmat melakukan panen di perkebunannya di kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Jawa Barat (24/11). Harga bdi tingkat petani untuk satu kilogram belimbing Dewa Rp 8.500 sampai Rp 9.000. Untuk sekali panen sekitar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita tekanan darah tinggi? Jus belimbing efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda. 

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat. Tekanan darah tinggi bisa mengancam semua kalangan.

Seseorang dikatakan menderita tekanan darah tinggi bila tekanan darah di atas 180/120. Bila dibiarkan, tekanan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit kronis seperti jantung dan stroke. 

Baca Juga: Perempuan lebih berisiko menderita tekanan darah tinggi, benarkah?

Mengutip dari Kompas.com, tekanan darah tinggi disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, tidak berolahraga, mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi. 

Selain itu, seseorang menderita tekanan darah tinggi karena faktor keturunan, kelebihan berat badan, usia, dan stres. 

Umumnya, untuk menurunkan tekanan darah tinggi seseorang minum obat dari dokter. 

Apakah Anda termasuk orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi?  

Ada banyak cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yakni dengan minum obat kimia, olahraga, menjaga asupan makanan, dan mengonsumsi buah-buahan. 

Asal tahu saja, ada cukup banyak jenis buah yang bermanfaat menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya belimbing. 

Jus belimbing penurun tekanan darah tinggi 

Buah belimbing memiliki rasa yang manis dan mengandung cukup banyak air. Umumnya, buah belimbing dimanfaatkan sebagai bahan membat rujak.

Mengutip dari buku berjudul 9 Buah & Sayur Sakti Tangkal Penyakit karya Agus Suwanto, buah belimbing kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Selain itu, belimbing juga mengandung kalium tinggi dan rendah natrium. Mengandung kalium membuat belimbing bermanfaat sebagai buah penurun tekanan darah tinggi. 

Alih-alih dikonsumsi secara langsung, para penderita tekanan darah tinggi bisa mengonsumsi buah belimbing dengan cara dijadikan jus. 

Berikut bahan dan cara membuat jus belimbing untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dikutip dari buku berjudul 202 Jus Buah dan Sayuran. 

Bahan 

  • Belimbing 100 gram 
  • Air jeruk nipis 3 sendok makan 
  • Air 1/2 gelas 
  • Es serut halus 3/4 gelas 

Anda cuci buah belimbing lalu potong kecil-kecil. Anda masukkan semua bahan ke dalam blender lalu haluskan. Anda minum jus belimbing segera saat masih dingin. 

Selain minum jus belimbing, Anda sebaiknya olahraga dan menjaga asupakan makanan agar tekanan darah dalam tubuh terkontrol. 

Baca Juga: Jus daun pepaya efektif menurunkan tekanan darah tinggi, begini cara meraciknya

Selanjutnya: Manfaat konsumsi madu untuk kesehatan tubuh, penggemar madu wajib tahu

 

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru