Meski sudah divaksin, waspadai gejala Covid-19 ini

Senin, 28 Juni 2021 | 15:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Meski sudah divaksin, waspadai gejala Covid-19 ini

ILUSTRASI. Bersin jadi salah satu gejala Covid-19 yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tubuh Anda masih bisa terinfeksi Virus Corona meski sudah divaksin. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai gejala Covid-19 yang bisa Anda alami. Meski demikian, bukan berarti Anda harus memilih tidak divaksin, ya.

Biasanya, gejala Covid-19 yang dialami penderita adalah sakit tenggorokan, fungsi indra penciuman dan indra pencecap menurun, sakit kepala, dan lain-lain. Mengutip dari Best Life (bestlifeonline.com), bersin adalah salah satu gejala infeksi Virus Corona yang dialami oleh mereka yang sudah divaksin.

Para peneliti merekomendasikan Anda untuk melakukan tes Covid-19 saat bersin secara terus-menerus. Apalagi jika Anda berada di lingkungan yang dipenuhi orang-orang dengan risiko penularan Covid-19 tinggi.

Baca Juga: Cara terbaik cegah penularan COVID-19: Hindari kerumunan dan vaksinasi

Sebenarnya, gejala Covid-19 yang dialami oleh mereka yang sudah divaksin dan mereka yang belum mendapat vaksin serupa. Perbedaannya terdapat pada durasi dan tingkat keparahan. Melansir Best Life, mereka yang sudah divaksin mengalami gejala yang lebih ringan dan dalam waktu relatif lebih singkat.

Anda juga perlu berhati-hati saat bersin terus-menerus karena bisa meningkatkan alur penyebaran. Partikel udara yang keluar saat Anda bersin dapat menulari orang lain. Jadi, sebaiknya segera lakukan tes dan isolasi mandiri saat bersin dalam jangka waktu lama, meski Anda sudah divaksin.

Baca Juga: Ini 5 tips agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan isolasi mandiri

Selain mewaspadai gejala infeksi Virus Corona, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, ya. Apalagi di Indonesia masih banyak orang yang belum mendapat vaksin sehingga risiko penularan masih tinggi. Ditambah lagi ada varian Virus Corona baru yang lebih mudah menyebar.

Anda juga perlu selalu menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, dan mengelola stres dengan baik. Tidak berhenti sampai di situ, hindari pula kegiatan atau mengunjungi tempat-tempat dengan risiko penularan tinggi.

Selanjutnya: Varian delta kian mengkhawatirkan, WHO minta semua orang terus memakai masker

Editor: Belladina Biananda
Terbaru