kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 tips agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan isolasi mandiri


Senin, 28 Juni 2021 / 09:19 WIB
Ini 5 tips agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan isolasi mandiri


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Selama pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk tetap berada di rumah dan hanya keluar untuk keperluan yang mendesak. 

Terutama bagi orang yang mengalami gejala Covid-19 atau dinyatakan positif terinfeksi dengan gejala ringan atau tanpa gejala, isolasi mandiri di rumah wajib dilakukan. 

Meski dilakukan sebagai upaya pemulihan, isolasi mandiri memiliki celah untuk menjauh dari aktivitas fisik yang sehat. Pasalnya, lingkungan rumah menawarkan banyak kesempatan untuk tidak bergerak, hanya duduk dan berbaring. 

Sementara itu, tubuh dan pikiran tetap membutuhkan aktivitas fisik agar tetap berfungsi dengan baik, menjaga berat badan, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Baca Juga: 10 Tanda tertular corona varian Delta dan 6 tempat yang harus dihindari

Fisik yang aktif pun dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, melindungi dari infeksi, dan mempercepat pemulihan. Dilansir dari The University of Sidney, berikut adalah tips tetap sehat dan bugar selama isolasi mandiri. 

1. Rutin olahraga 

Orang dewasa direkomendasikan untuk melakukan 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang atau 75 menit aktivitas fisik intensitas kuat per minggu. 

Aktivitas apapun lebih baik dibandingkan tidak bergerak sama sekali. Lebih banyak aktivitas, berarti lebih banyak manfaat kesehatan fisik dan mental yang didapat. 

Selama isolasi mandiri, cukup lakukan olahraga ringan di dalam rumah. Aktivitas seperti membersihkan rumah, membuat makanan, dan sebagainya juga dapat membantu tubuh untuk tetap bergerak. 

2. Istirahat secara teratur 

Tips kedua untuk tetap sehat dan bugar selama isolasi mandiri adalah beristirahat secara teratur dari duduk terus-menerus di depan layar komputer setiap 20 hingga 30 menit. 

Baca Juga: Antisipasi kenaikan kasus, rusun Pasar Rumput disiapkan untuk isolasi pasien Covid-19

Misalnya, ambil jeda di sela-sela pekerjaanmu untuk berjalan-jalan di sekitar rumah, bermain dengan hewan peliharaan, atau menyiram tanaman. 

3. Latihan kekuatan 

Sebuah penelitian di Inggris pada tahun 2017 lalu menemukan, latihan kekuatan yang dilakukan di rumah, seperti press up dan sit up, memberikan manfaat yang sama seperti latihan aerobik. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×