Tips Sehat

Meski kaya karbo, makanan ini bantu menurunkan berat badan dan bikin perut rata

Sabtu, 21 November 2020 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Meski kaya karbo, makanan ini bantu menurunkan berat badan dan bikin perut rata


Ubi jalar bisa disebut sebagai raja karbohidrat lambat karena dicerna dengan lambat. Namun, makanan karbohirat ini kaya akan serat dan nutrisi.

Sehingga, ubi jalar dapat membuat kita merasa kenyang, berenergi lebih lama, dan membantu membakar lemak khususnya di perut. Walhasil, ubi jalar termasuk makanan yang membantu kita menurunkan berat badan dan mencapai perut rata.

Ubi jalar juga mengandung karotenoid dan antioksidan yang menstabilkan kadar gula darah, menurunkan resistensi insulin, serta mencegah kalori diubah menjadi lemak. Di samping itu, makanan ini memiliki vitamin yang tinggi, seperti vitamin A, C, dan B6 yang memberi kita lebih banyak energi untuk dibakar di gym atau aktivitas fisik lainnya.

Baca juga: Jangan ketinggalan, ada tiket murah di promo Air Asia Super Sale

4. Roti gandum

Roti gandum secara tradisional terbuat dari gandum utuh yang memiliki semua komponen biji-bijian, dedak, bakteri baik, dan endosperma. Ini memungkinkan roti gandum mengandung lemak sehat, vitamin, mineral, dan serat yang tinggi.

Roti gandum mengandung sekitar 3 atau 4 gram serat yang sangat membantu melancarkan sistem pencernaan kita. Sedangkan untuk kandungan kalorinya, roti gandum biasanya memiliki kalori yang lebih sedikit dibanding roti tawar putih. Jadi, roti gandum adalah pilihan yang tepat jika ingin membatasi kalori atau menurunkan berat badan beberapa kilogram.

5. Yogurt

Yogurt termasuk makanan yang membantu kita menurunkan berat badan dan mencapai perut rata. Yogurt mengandung protein dan probiotik, secangkir yogurt akan memuaskan rasa lapar dan meningkatkan kesehatan usus sebagai kunci utama dalam menurunkan berat badan. Yogurt juga mengandung vitamin D, kalsium, asam linoleat terkonjugasi, dan lemak khusus yang menurut penelitian dapat mengurangi lemak tubuh.

Tetapi, kita perlu mendapatkan jenis yogurt yang tepat untuk manfaat yang lebih baik. Pilihlah yogurt dengan pemanis buah alami, bahkan yogurt plain lebih disarankan lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Karbohidrat Tinggi yang Membantu Perut Rata",


Penulis : Ryan Sara Pratiwi
Editor : Lusia Kus Anna

Selanjutnya: Relawan penanganan Covid-19 mundur, geram dengan pendukung Rizieq Shihab

 

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Adi Wikanto


Terbaru