Tips Sehat

Meski kaya karbo, makanan ini bantu menurunkan berat badan dan bikin perut rata

Sabtu, 21 November 2020 | 04:10 WIB Sumber: Kompas.com
Meski kaya karbo, makanan ini bantu menurunkan berat badan dan bikin perut rata


KONTAN.CO.ID - Jakarta.  Diet yang tepat bisa membantu mempercepat mendapatkan perut rata. Sejumlah bahan makanan yang tinggi karbohidrat bisa membantu membentuk perut rata.

Banyak orang yang beranggapan bahwa dalam menurunkan berat badan kita harus mengurangi, bahkan menghilangkan karbohidrat dari menu makanan. Sayangnya, hal tersebut tidaklah tepat. Sebab, faktanya kebutuhan karbohidrat tetap diperlukan saat diet karena dapat membantu kita menghilangkan lemak di perut.

Ada berbagai macam jenis karbohidrat kompleks baik dan berserat tinggi yang juga membantu pencernaan lebih lancar, menyeimbangkan gula darah, dan membuat kita merasa kenyang selama berjam-jam.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini terdapat beberapa daftar makanan karbohirat sehat yang membantu kita menurunkan berat badan dan sekaligus membantu mencapai tujuan perut lebih rata.

1. Apel

Apel termasuk makanan yang membantu kita menurunkan berat badan dan mencapai perut rata. Pasalnya, apel adalah salah satu sumber serat terbaik yang paling mudah didapatkan. Sehingga, kita bisa memakannya kapanpun.

Sebuah studi di Wake Forest Baptist Medical Center menemukan, setiap peningkatan 10 gram serat larut yang dimakan per hari, lemak perut berkurang 3,7 persen selama lima tahun. Dalam penelitian lainnya di University of Western Australia menemukan, apel memiliki tingkat antioksidan flavonoid atau senyawa pembakar lemak tertinggi.

Baca juga: Murah, lelang 4 mobil sitaan pajak harga limit mulai Rp 39 juta

2. Pisang

Pisang termasuk makanan yang membantu kita menurunkan berat badan dan mencapai perut rata. Pisang menjadi salah satu buah dengan karbohirat yang tinggi. Satu studi jurnal Anaerobe menemukan, bahwa wanita yang makan pisang dua kali sehari sebagai camilan sebelum makan selama 60 hari mengurangi perut kembung mereka hingga 50 persen.

Selain dapat meningkatkan bakteri pelawan rasa kembung di perut, buah ini merupakan sumber utama kalium yang dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh. Pisang kaya akan glukosa, gula yang sangat mudah dicerna yang memberikan energi cepat.

Kandungan kaliumnya yang tinggi juga mencegah kram otot selama latihan, serta mempercepat pemulihan otot. Setiap pisang berukuran sedang mengandung sekitar 36 gram karbohidrat yang baik. Indeks glikemik yang dimiliki oleh buah pisang rendah, sehingga tidak akan membuat kadar gula darah melonjak tiba-tiba. 

Editor: Adi Wikanto


Terbaru