Tips Sehat

Menurunkan risiko penyakit jantung, berikut 4 manfaat kacang hijau

Selasa, 18 Mei 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Menurunkan risiko penyakit jantung, berikut 4 manfaat kacang hijau


KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat kacang hijau yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Tentu saja, hal itu berasal dari nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam jenis makanan tersebut.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Zat besi, magnesium, vitamin B, dan kalium adalah beberapa kandungan kacang hijau.

Selain itu, kacang hijau juga dipenuhi dengan antioksidan. Radikal bebas dalam tubuh yang bisa jadi penyebab berbagai macam penyakit bisa dilawan dengan kandungan itu.

Maple Holistics melaporkan, ada beragam manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Sebab, banyaknya vitamin B9, protein, dan zat besi yang terdapat dalam kacang hijau.

Tentu saja, masih banyak manfaat lain kacang hijau yang bisa Anda dapatkan.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi kacang hijau mampu menurunkan jumlah kolesterol yang menumpuk dan mengganggu aliran darah, lo. Tak hanya itu, magnesium, kalium, dan serat yang terdapat dalam kacang hijau efektif menurunkan tekanan darah.

Dengan begitu, risiko penyakit jantung bisa Anda hindari. Cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau secara rutin. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Baca Juga: 11 Makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Menurunkan gula darah

Selain menurunkan tekanan darah, kacang hijau juga berguna untuk menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Protein, antioksidan, dan serat dalam kacang hijau mampu memperlambat produksi gula dalam aliran darah.

Gula yang terkandung dalam kacang hijau juga cukup mudah dicerna sehingga tidak akan menambah jumlah gula darah yang sudah Anda miliki. Hal itu menunjukkan, kacang hijau cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Salah satu manfaat kacang hijau adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Manfaat kacang hijau berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Salah satu jenis serat yang terdapat dalam kacang hijau dapat mempercepat pergerakan makanan dalam sistem pencernaan sehingga jadwal buang air besar Anda menjadi lebih rutin.

Baca Juga: Segudang manfaat buncis, termasuk untuk kesuburan wanita

Menjaga kesehatan kulit dan rambu

Mengutip Maple Holistics, manfaat lain kacang hijau adalah menjaga kesehatan kulit dan rambut. Tak hanya membersihkan pori-pori kulit secara optimal, kacang hijau juga mampu mencegah risiko masalah kulit, seperti kerutan, noda hitam, dan lain sebagainya.

Tidak berhenti sampai di situ, kacang hijau dapat mencerahkan warna kulit. Jenis kacang itu juga mampu menyeimbangkan pH kulit kepala. Dengan begitu, rambut bisa tumbuh lebih kuat dan memiliki warna yang lebih berkilau.

Selanjutnya: 5 Khasiat taoge untuk kesehatan, baik untuk jantung dan tekanan darah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru