Menurunkan Kolesterol Sampai Berat Badan, Ini Manfaat Pare untuk Kesehatan

Senin, 27 Juni 2022 | 15:14 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Menurunkan Kolesterol Sampai Berat Badan, Ini Manfaat Pare untuk Kesehatan

ILUSTRASI. Pare, menurunkan kolesterol sampai berat badan.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pare, berwujud buruk rupa, namun kaya vitamin dan mineral. Ini manfaat pare untuk kesehatan, menurunkan kolesterol sampai berat badan. 

Pare, sayuran yang memiliki wujud buruk rupa dan rasa yang pahit. Namun, pare tetap disukai oleh sebagian masyarakat. 

Baca Juga: 4 Teh Bunga Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Pare banyak dikonsumsi sebagai menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Walupun buruk rupa, pare kaya akan vitamin dan mineral. Mengutip dari Healthline, dalam satu cangkir (94 gram) pare mentah mengandung: 

  • Kalori 20 
  • Karbohidrat 4 gram 
  • Serat 2 gram 
  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Folat 
  • Potasium 
  • Zinc 
  • Seng 

Manfaat pare 

Mengandung vitamin dan mineral membuat pare baik dikonsumsi sehari-hari dalam porsi terukur. 

Berikut manfaat pare untuk kesehatan: 

1. Asam urat  

Kandungan dalam pare efektif membantu menurunkan asam urat tinggi.  

Untuk merasakn manfaatnya Anda cukup merebus 200 gram pare dengan tiga gelas air. 

Anda rebus pare sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar satu gelas. Anda dinginkan dan saring. Anda minum air rebusan pare dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas.  

2. Mengobati diabetes  

Pare mengandung lektin yang mampu menurunkan konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan periferal yang fungsinya seperti insulin.  

Tidak hanya itu, pare juga mengandung flavanoid dan alkaloid yang merangsang pangkreas memproduksi insulin lebih banyak banyak untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabates.  

Pare juga mengandung senyawa aktif saponin, karantin dan glikosida yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.  

3. Mencegah kanker

Pare juga bermanfaat sebagai penangkal kanker. Hal ini disebabkan pare mengandung antioksidan tinggi  

4. Menurunkan berat badan  

Pare baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Sebab, pare, termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat.  

Serat dalam pare bisa melancarkan sistem pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

5. Menurunkan kolesterol 

Beberapa hasil penelitian pada hewan menjukkan pare bisa menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. 

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus dengan diet tinggi kolesterol menunjukkan pemberian ekstrak pare menyebabkan penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida secara signifikan. 

Baca Juga: Mengontrol Gula Darah, Ini Cara Konsumsi Bawang Putih untuk Penderita Diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru