kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjaga Kesehatan Pencernaan Tubuh Lewat Makanan yang Dikonsumsi


Senin, 21 November 2022 / 17:47 WIB
Menjaga Kesehatan Pencernaan Tubuh Lewat Makanan yang Dikonsumsi
ILUSTRASI. Kesehatan pencernaan . Menjaga Kesehatan Pencernaan Tubuh Lewat Makanan yang Dikonsumsi.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kesehatan pencernaan sangat erat berkaitan dengan daya tahan tubuh karena sistem kekebalan tubuh terletak di usus, seperti yang disebutkan laman UCLA Health. 

Di dalam usus, ada bakteri baik yang berinteraksi dengan sistem imun tubuh untuk menghasilkan imun yang dibutuhkan manusia pada waktunya. Bakteri baik tersebut membutuhkan jenis makanan yang kaya serat agar dapat hidup dan berfungsi optimal. 

Gaya hidup yang serba cepat, serta stresor yang semakin beragam mendorong keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang cepat, dan enak untuk disantap. Tetapi, makanan yang diproses dengan cepat dan enak disantap hari ini identik dengan processed food (makanan olahan), kandungan gula dan lemak jenuh yang tinggi. 

Jenis makanan seperti ini memberi pengaruh yang tidak baik pada interaksi sistem imun dan bakteri baik di dalam pencernaan. Pencernaan yang terganggu berdampak pada buruknya penyerapan nutrisi, sehingga kotoran menumpuk dalam tubuh dan akhirnya mengganggu sistem kekebalan tubuh. Maka, tidak mengherankan jika tubuh lebih rentan terhadap peradangan dan penyakit. 

Baca Juga: 4 Sayuran Ini Bikin Kolesterol Jahat dan Gula Darah Tinggi Kandas

Para ahli gizi dan kesehatan merekomendasikan asupan air yang cukup (baik dari buah dan sayuran, maupun air putih), konsumsi makanan berserat tinggi (barley, oat, kacang-kacanganan, sayuran), dan lemak sehat (alpukat, telur, ikan) dan makanan utuh (real food) untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Jika dilihat dari ragam asupan yang direkomendasikan tersebut rasanya memang tidak mudah untuk dapat memenuhi kebutuhan serat yang dapat menunjang kesehatan pencernaan. 

Menjawab masalah tersebut, pada bulan Juni 2022 lalu, PT Natural Nusantara meluncurkan produk praktis dengan manfaat lengkap untuk menjaga kesehatan pencernaan sekaligus bermanfaat untuk detoks tubuh. 

Terbuat dari 19 macam bahan pilihan ekstrak buah dan sayur serta tinggi serat alami. V1 Nasa - The Miracle of Detox merupakan hasil inovasi teknologi dan bahan alami yang membantu membersihkan saluran pencernaan. 

Baca Juga: Awas! Nanas Bisa Memicu Asam Lambung Tinggi

Selain itu, dengan kandungan serat yang setara dua kilogram buah dan sayur dalam satu sachet, V1-Nasa ini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga dan juga dan dapat membantu melancarkan BAB.  




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×