kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,31   1,67   0.18%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencegah penularan, masker bisa memperkecil ukuran partikel virus corona


Kamis, 22 Oktober 2020 / 13:56 WIB
Mencegah penularan, masker bisa memperkecil ukuran partikel virus corona
ILUSTRASI. Mencegah penularan, masker bisa memperkecil ukuran partikel virus corona


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak cara penyebaran virus corona baru yang bisa menginfeksi seseorang, misalnya, percikan air liur. Salah satu cara untuk mencegah penularan tersebut adalah dengan memakai masker yang bisa mengecilkan 23 kali ukuran partikel virus.

Mengutip dari Dailymail.co.uk, para peneliti asal India menghitung, bagaimana beberapa jenis masker mengurangi penyebaran virus corona. Hasilnya, masker bedah mengurangi tujuh kali volume virus. Sedangkan masker N95 mengurangi volume virus hingga 23 kali.

Hal itu menunjukkan, penggunaan masker mampu mengurangi penyebaran virus corona. Selain menggunakan masker, partikel virus corona yang tersebar saat batuk juga bisa berkurang saat penderita Covid-19 memakai sapu tangan atau batuk di salah satu siku tangan.

Melansir dari Dailymail.co.uk, penelitian-penelitian sebelumnya lebih berfokus pada karakteristik udara. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa faktor, seperti suhu dan kelembaban.

Baca Juga: Ini cara terbaru virus corona menginfeksi manusia

Sedangkan penelitian yang Rajneesh Bhardwaj dari Indian Institute of Technology lakukan berbeda.

Profesor Bhardwaj dan peneliti lain bernama Amit Agrawal menguji, bagaimana karakteristik tersebut berubah saat seseorang batuk. Hasilnya, lima hingga delapan detik pertama setelah penderita Covid-19 batuk menjadi waktu penting virus corona bisa tersebar ke orang lain.

Batuk yang lebih keras menyebabkan partikel percikap air liur tersebar lebih cepat. Maka dari itu, penting bagi masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat berkumpul dengan orang lain. Hasil penelitian tersebut tertuang di jurnal Physics of Fluids.

Selain menggunakan masker secara benar, masyarakat diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan yang lain. Misalnya, menjaga jarak dan menjaga kebersihan diri dengan rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir..

Selanjutnya: Penularan Virus Corona lebih beresiko di 5 tempat ini

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×