Membuat masker kopi tak sulit, bisa kombinasikan dengan bahan alami lain

Kamis, 07 Oktober 2021 | 16:38 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Membuat masker kopi tak sulit, bisa kombinasikan dengan bahan alami lain

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menghilangkan kantuk dan menambah energi, ternyata kopi juga berguna untuk merawat kesehatan kulit Anda, lo. Cara membuat masker kopi juga tidak sulit untuk dilakukan. Jadi, manfaatnya bisa Anda dapat dengan mudah.

Bukan tanpa alasan, manfaat kopi datang dari berbagai macam nutrisi. Kafein di dalamnya mampu menyamarkan tanda penuaan, seperti garis halus. Manfaat itu ditunjang dengan adanya antioksidan yang efektif menjaga elastisitas kulit.

Tidak berhenti sampai di situ, kopi juga mengandung antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan di kulit, misalnya jerawat. Supaya manfaat-manfaat itu bisa Anda dapatkan, cobalah untuk mencoba beberapa resep masker kopi di bawah ini secara teratur.

Kopi, Madu, Minyak Kelapa

Bibir memiliki lapisan kulit yang tipis. Jika sel kulit mati tak dibersihkan, tampilan bibir menjadi kurang maksimal. Untuk merawat kondisi bibir, Urban Company (urbancompany.com) merekomendasikan Anda untuk memakai 1 sdm bubuk kopi, 1 sdt minyak kelapa, dan 1 sdt madu.

Aduk semua bahan itu dalam sebuah wadah sampai teraduk rata. Gosokkan pada bibir dengan gerakan memutar secara perlahan. Lakukan langkah itu selama 30 detik lalu diamkan dulu selama beberapa menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: Cari masker rambut alami? Coba pakai 8 bahan ini, yuk

Kopi, Cokelat, Santan, Madu

Cara membuat masker kopi bisa pakai madu.

Jika Anda mencari masker yang bisa mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan, maka masker kopi ini adalah jawabannya. Cara membuat masker kopi yang perlu Anda lakukan adalah mencampur kopi, cokelat, santan, dan madu masing-masing 1 sdt.

Aplikasikan masker kopi tersebut pada kulit wajah sleama 15 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Antioksidan yang terkandung dalam bahan-bahan alami itu mampu melawan serangan radikal bebas sehingga kulit terlihat muda.

Kopi dan Yogurt

Kombinasi kopi dan yogurt cocok dijadikan eksfoliator sehingga kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan masalah kulit bisa hilang. Setelah mencampur ¼ sdt kopi dan 1 sdm yogurt, gosokkan pada kulit wajah lalu diamkan selama lima menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Coba 5 cara memanjangkan rambut dengan cepat ini, yuk

Kopi, Palm Sugar, Minyak Zaitun, Lemon

Cara membuat masker kopi bisa dilakukan dengan mencampur kopi dengan minyak zaitun dan bahan alami lain.

Cara membuat masker kopi berikutnya yang direkomendasikan oleh Urban Company adalah mengombinasikan kopi, palm sugar, minyak zaitun, dan lemon. Anda bisa menggunakan masker tersebut untuk menghilangkan mata panda atau lingkat hitam di bawah mata.

Pertama, campur 1 sdm minyak zaitun dengan kopi, palm sugar, dan air perasan lemon masing-masing 1 sdt. Gosokkan masker tersebut pada kulit dengan gerakan memutar secara perlahan kemudian bersihkan dengan air.

Selanjutnya: 9 Bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai masker bibir

Editor: Belladina Biananda
Terbaru