Mau turunkan berat badan tanpa olahraga? Coba cara ini

Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mau turunkan berat badan tanpa olahraga? Coba cara ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Olahraga memang penting untuk menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti olahraga adalah satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan. Masih banyak cara menurunkan berat badan tanpa olahraga lainnya yang dapat Anda praktikkan.

Beberapa cara dalam artikel ini perlu Anda lakukan secara rutin supaya berat badan ideal bisa Anda dapat. Jika memang diperlukan, Anda bisa meminta saran dokter. Dengan begitu, program diet bisa berjalan lebih efektif.

Ada banyak tips diet yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, membatasi jenis makanan dan minuman tertentu, mendapat waktu tidur di malam hari yang berkualitas, dan lain sebagainya.

Tidur Berkualitas

Prevention (prevention.com) menyebutkan bahwa tidur berkualitas bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan. Saat kualitas tidur terganggu, produksi hormon yang berpengaruh pada nafsu makan meningkat. Akibatnya, keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebih pun bertambah.

Baca Juga: Tips mengecilkan perut buncit, konsumsi makanan berikut

Minum Air Putih

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya adalah dengan minum air putih. Biasanya, Anda salah mengartikan rasa haus sebagai rasa lapar. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari.

Konsumsi Serat dan Protein

Berat badan ideal bisa Anda dapat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan protein. Selain membuat Anda merasa kenyang lebih lama, mengonsumsi makanan berserat juga baik untuk kesehatan bakteri dalam sistem pencernaan.

Mengutip dari Prevention, sebaiknya konsumsi 25 g serat per hari. Seiring dengan hal itu, usahakan untuk mengonsumsi 20 g protein per hari. Namun, jangan lupa untuk mengonsultasikannya dulu dengan dokter, ya. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: 3 Cara ampuh untuk menurunkan berat badan

Batasi Konsumsi Kalori

Berikutnya, Anda perlu membatasi konsumsi kalori. Biasanya, minuman manis mengandung banyak kalori yang tidak baik untuk kesehatan Anda. Alih-alih mengonsumsi jenis minuman itu, cobalah untuk minum air putih atau infused water.

Atur Porsi Makan

Mengatur porsi makan bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya yang layak untuk Anda coba adalah mengatur porsi makanan yang Anda konsumsi. Daripada mengonsumsi makanan kemasan, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, misalnya salad atau jenis hidangan bergizi lainnya.

Selanjutnya: Bisa Anda coba, inilah 4 cara mengecilkan paha

Editor: Belladina Biananda
Terbaru