3 Cara ampuh untuk menurunkan berat badan

Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:00 WIB Sumber: Kompas.com
3 Cara ampuh untuk menurunkan berat badan

ILUSTRASI. Diet rendah karbohidrat dan diet rendah kalori efektif untuk menurunkan berat badan. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ahli menyarankan, penurunan berat badan yang direkomendasikan sebanyak setengah kilogram hingga satu kilogram per minggu. Ini adalah manajemen berat badan jangka panjang yang paling efektif. 

Konon, membatasi atau bahkan menghindari makanan tertentu akan membuat Anda merasa lebih lapar. Kemungkinan hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang merasa sulit bertahan menjalani program diet. 

Namun, tidak semua diet memiliki efek ini. Diet rendah karbohidrat dan diet rendah kalori efektif untuk menurunkan berat badan dan mungkin lebih mudah dipatuhi daripada diet lainnya. 

Melansir Healthline, ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang menerapkan pola makan sehat dan bertujuan untuk mengurangi nafsu makan, menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, serta meningkatkan metabolisme di saat bersamaan. 

Berikut ini tiga cara sederhana menurunkan berat badan dengan cepat. 

Baca Juga: Ini batas konsumsi garam dan gula per hari dari Kemenkes dan WHO

1. Kurangi karbohidrat olahan 

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. 

Anda bisa menerapkan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian. Ketika Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar Anda akan turun, sehingga Anda akan makan lebih sedikit kalori. 

Dengan diet rendah karbohidrat, Anda akan menggunakan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan menggunakan karbohidrat. Jika Anda memilih untuk makan karbohidrat yang lebih kompleks seperti biji-bijian bersama dengan defisit kalori, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Hindari 4 Diet Ekstrem yang Membahayakan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru