kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mau olahraga di tengah pandemi? Perhatikan hal-hal ini!


Senin, 13 September 2021 / 10:30 WIB
Mau olahraga di tengah pandemi? Perhatikan hal-hal ini!


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kegiatan olahraga masih bisa dilakukan di tengah Covid-19. Hanya saja, terdapat beberapa hal yang masih perlu diperhatikan untuk menghindari risiko penularan ketika berolahraga.

Epidemiolog dari Griffith University di Australia, Dicky Budiman menganjurkan, masyarakat sebaiknya memilih olahraga luar ruangan alias outdoor yang bisa dilakukan secara tidak bergerombol serta tanpa melibatkan kontak fisik di tengah pandemi. 

Bahkan, Dicky menganjurkan jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan sendirian seperti halnya lari atau bersepeda. Kalaupun misal olahraganya harus melibatkan 2 orang, lawan mainnya sebaiknya ialah orang yang memang tinggal serumah. 

Baca Juga: Per 11 September: Kasus baru Covid-19 tambah 5.001, kasus aktif turun 2.858

Jenis olahraganya pun tetap yang bisa dilakukan dengan menjaga jarak serta tidak melibatkan kontak fisik. “Seperti misalnya olahraga tenis lapangan itu kan jauh-jauhan,,” kata Dicky kepada Kontan.co.id (12/9).

Lebih lanjut, Dicky menambahkan bahwa durasi olahraga yang dilakukan juga sebaiknya tidak terlalu lama, yakni berkisar 30 menit - 1 jam. Dengan cara itu, masyarakat yang berolahraga tidak perlu berlama-lama berada di luar rumah sehingga bisa menekan potensi risiko penularan/infeksi Covid-19.

Selain itu, masyarakat yang hendak berolahraga juga perlu memastikan bahwa dirinya sedang berada dalam keadaan sehat dan tidak berstatus sebagai kontak erat, apalagi dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19. Protokol kesehatan seperti memakai masker pun tetap harus dilakukan mengingat sifat virus Covid-19 yang bisa menyebar melalui udara (airborne).

“Harus pakai masker mau bagaimanapun. Jadi kalau misalnya mau berlari ya supaya enggak perlu pakai masker ya cari (tempat) yang enggak ada orang,” tutur Dicky.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Satgas ingatkan 3 hal sebelum kunjungi tempat wisata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×