Masker kopi punya manfaat untuk kulit, ini cara membuatnya

Jumat, 05 November 2021 | 21:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Masker kopi punya manfaat untuk kulit, ini cara membuatnya

KONTAN.CO.ID - Selain membuat Anda terjaga, kopi juga cocok dijadikan masker, lo. Jangan salah, ada banyak manfaat masker kopi yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Apalagi, jika Anda memakai masker kopi secara teratur.

Very Well Health menyebutkan, kopi memiliki banyak antioksidan. Kandungan itulah yang bisa melawan radikal bebas di kulit. Dengan begitu, berbagai jenis masalah kulit bisa Anda cegah.

Tidak berhenti sampai di situ, rutin memakai kopi juga dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Nah, supaya efeknya bisa lebih optimal, ada baiknya bagi Anda untuk membuat masker kopi yang dicampur dengan bahan alami yang lain.

Kopi dan yogurt

Ada banyak orang yang menggunakan kopi untuk membersihkan sel kulit mati. Anda bisa melakukannya dengan mencampur ¼ sdt bubuk kopi dengan 1 sdm yogurt.

Aduk rata kemudian gosokkan pada kulit secara merata. Diamkan dulu selama 5 menit kemudian bilas menggunakan air.

Baca Juga: Membuat masker kopi tak sulit, bisa kombinasikan dengan bahan alami lain

Kopi dan minyak kelapa

Salah satu manfaat masker kopi adalah merawat bibir.

Kulit di bagian bibir perlu selalu Anda rawat supaya kondisi bibir tidak rusak. Caranya, Anda bisa mengaplikasikan kopi yang dicampur dengan minyak kelapa.

Beri sedikit pijatan pada bibir supaya kandungan dalam bahan alami itu dapat terserap kulit secara maksimal.

Gula, kopi, minyak almond

Masker kopi selanjutnya yang Very Well Health rekomendasikan bisa Anda buat dengan mencampur ½ gelas gula, 2 sdm bubuk kopi, dan ¼ gelas minyak almond. Aduk semua bahan alami itu dalam sebuah wadah sampai rata.

Saat mandi, gosokkan bahan-bahan tersebut di seluruh area tubuh. Manfaat masker kopi yang bisa Anda dapatkan adalah kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Perhatikan pula bagian tubuh yang lebih sering kasar, seperti lutut, siku, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Melembabkan, berikut 4 manfaat minyak zaitun untuk wajah

Kopi dan tisu

Salah satu manfaat masker kopi adalah mengurangi kemunculan kantung mata.

Manfaat masker kopi berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah kemunculan kantung mata berkurang. Anda hanya perlu memasukkan 1 sdt bubuk kopi yang sudah dipakai dalam selembar kertas. Kemudian, letakkan tisu kopi itu di atas mata tertutup selama 20 menit.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat dari rutin memanfaatkan kopi. Namun, bila muncul reaksi alergi yang tak Anda inginkan, segera hentikan pemakaian, ya. Tujuannya, supaya efek samping di kulit Anda tak semakin parah.

Selanjutnya: 7 Bahan ini efektif jadi cara agar bibir tidak hitam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru