kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Masa inkubasi virus corona rata-rata 5 hari, ini penjelasannya


Jumat, 03 April 2020 / 01:05 WIB
Masa inkubasi virus corona rata-rata 5 hari, ini penjelasannya


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Peneliti masih terus meneliti virus corona baru. Salah satunya tentang masa inkubasi Covid-19. Masa inkubasi adalah waktu antara seseorang terpapar hingga menunjukkan gejala awal.

“Biasanya, akhir masa inkubasi ditandai dengan timbulnya gejala, seperti batuk dan demam," kata Lauren Ancel Meyers, profesor biologi integratif dari Universias Texas, seperti dikutip Business Insider.

"Mencari tahu berapa lama waktu yang diperlukan sampai gejala itu muncul sangat relevan bagi Anda untuk berpikir mengenai berapa lama Anda harus benar-benar memantau orang untuk memastikan mereka tak terinfeksi,” ujarnya.

Melansir Worldometers, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) meyakini, masa inkubasi virus adalah 2 hingga 14 hari. Sementara studi lain menyebutkan, periode inkubasi bisa lebih lama, sampai 24 hari.

Baca Juga: Berapa lama masa inkubasi virus corona di dalam tubuh? Ini kata WHO

Waktu inkubasi rata-rata 5 hari

Sejumlah peneliti dari Johns Hopkins University melakukan penelitian, yang kemudian mereka terbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine. Hasilnya, masa inkubasi rata-rata dari virus corona adalah 5 hari.

Para peneliti Johns Hopkins menganalisis dari 181 kasus virus corona yang terdeteksi pada 4 Januari hingga 24 Februari 2020 di luar Provinsi Hubei, China.

Mereka fokus pada kasus-kasus pasien sakit setelah melakukan perjalanan ke sebuah provinsi dengan diagnosis terkonfirmasi di tempat lain. Tujuannya, agar lebih memudahkan untuk mengurai periode inkubasi tiap pasien.

Hasil dari analisis para peneliti tersebut menunjukkan, rata-rata masa inkubasi virus corona adalah 5,1 hari. Artinya, gejala virus corona muncul di hari kelima setelah seseorang terinfeksi.

Baca Juga: Mengenal lagi virus corona, mulai ciri-ciri, bentuk, hingga penyebarannya




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×