Manfaat Sayur Kale Untuk Menurunkan Kolesterol, Cek Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda

Selasa, 06 Desember 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Manfaat Sayur Kale Untuk Menurunkan Kolesterol, Cek Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda

ILUSTRASI. Manfaat Sayur Kale Untuk Menurunkan Kolesterol, Cek Ciri-Ciri Kolesterol Usia Muda


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak yang bilang sayur kale bisa menurunkan kolesterol, benarkah demikian? Selain mengetahui manfaat sayur kale, mari mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda.

Mengenali ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda penting agar bisa diturunkan sejak dini. Cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan dengan alami seperti makan sayur. Apakah sayur kale juga bisa menurunkan kolesterol?

Dilansir dari Kompas.com, sayur kale adalah salah satu sayuran yang kaya nutrisi dan menyehatkan. Sayur kale memiliki serat dan senyawa yang berkhasiat sebagai obat serta menyembuhkan berbagai penyakit.

Sayur kale masih satu keluarga dengan sayuran kubis dan merupakan sayuran hasil persilangan seperti kubis, brokoli, dan kembang kol. Selain hijau, sayur kale ada juga yang berwarna ungu dengan tekstur daun yang halus dan keriting.

Sayur kale mengandung vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, mangan, kalsium, tembaga, kalium, magnesium, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, dan protein. Mengingat kandungan kalorinya yang rendah, sayur kale menjadi salah satu sayuran yang paling bernutrisi sehingga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Baca Juga: Cek Ambang Batas Kolesterol Normal & Manfaat Daun Kelor Untuk Menurunkan Kolesterol

Dengan kandungan itu, apakah sayur kale bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi?

Healthline pada Kamis (17/6/2021) menyebutkan sayur daun kale memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat sayur kale adalah menurunkan kolesterol.

Sayur kale mengandung sekuestran asam empedu, yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung.

Satu studi menemukan bahwa minum jus dari sayur kale setiap hari selama 12 minggu meningkatkan kolesterol HDL ("baik") sebesar 27 persen dan menurunkan kadar LDL sebesar 10 persen, sekaligus meningkatkan antioksidan.

Selain untuk menurunkan kolesterol, berikut manfaat sayur kale lainnya:

1. Sumber antioksidan 

Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, sayur kale sangat tinggi antioksidan, termasuk beta-karoten vitamin C, flavonoid, dan polifenol. Antioksidan adalah zat yang membantu menangkal kerusakan oksidatif oleh radikal bebas di dalam tubuh. Kerusakan oksidatif diyakini menjadi salah satu pendorong utama penuaan dan penyakit berbahaya lainnya, termasuk kanker.

Zat quercetin dan kaempferol dapat melindungi jantung, menurunkan tekanan darah, anti-inflamasi, antivirus, antidepresan, dan antikanker yang kuat.

2. Sumber vitamin C

Manfaat sayur kale lainnya adalah sebagai sumber vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan penting yang larut dalam air dan berperan penting untuk organ vital dalam sel-sel tubuh. Misalnya, diperlukan untuk sintesis kolagen.

Dalam hal ini, daun sayur kale mengandung vitamin C sekitar 4,5 kali lipat lebih banyak dibanding sayuran hijau lainnya.

3. Sumber vitamin K terbaik

Manfaat lain sayur kale adalah sebagai sumber vitamin K terbaik. Vitamin K sangat baik untuk pembekuan darah sekaligus mengaktifkan protein tertentu yang berfungsi mengikat kalsium.

Sayur kale adalah salah satu sumber vitamin K terbaik di dunia. Dalam satu cangkir sayur kale mentah, mengandung hampir tujuh kali jumlah harian.

4. Zat penangkal kanker

Manfaat penting yang tidak boleh dilewatkan dari sayur kale adalah sebagai penangkal kanker. Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Sayur kale sebenarnya sarat dengan senyawa yang diyakini memiliki efek perlindungan terhadap kanker. Salah satunya, sulforaphane, zat yang telah terbukti membantu melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler.

Ciri-ciri kolesterol usia muda

Diberitakan Kontan.co Id, tubuh memang membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak, risiko berbagai penyakit menjadi tinggi. Supaya kondisi Anda tetap terjaga, ada beberapa ciri-ciri kolesterol yang perlu Anda perhatikan.

Umumnya, kolesterol normal berada di angka 200-239 mg/dl. Jika Anda memiliki jumlah kolesterol yang tidak berada jauh di angka itu, kondisi Anda masih bisa dikatakan normal. Namun, jika jumlahnya jauh melampau angka tersebut, Anda perlu berhati-hati.

Salah satu jenis penyakit yang bisa Anda alami ketika jumlah kolesterol terlalu banyak adalah tekanan darah tinggi. Jika Anda mengalami ciri-ciri kolesterol berikut pada usia muda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Benjolan di sekitar mata

Ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang pertama adalah munculnya benjolan di sekitar mata. Mengutip dari Healthy-Ojas (healthy-ojas.com), munculnya benjolan di sekitar mata jadi salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi yang sering terjadi.

Benjolan itu merupakan kelebihan kolesterol yang berada di bawah permukaan kulit. Umumnya, benjolan tersebut berwarna kuning dan tidak terasa sakit.

Nafsu makan turun

Ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang kedua adalah nafsu makan turun. Ada banyak kondisi yang ditandai dengan nafsu makan yang turun. Artinya, Anda tidak boleh mengabaikan kondisi tersebut. Bisa jadi nafsu makan yang turun jadi salah satu ciri-ciri kolesterol yang Anda alami. Jika hal nafsu makan turun dalam jangka waktu lama, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Gejala Kolesterol Tinggi dapat Dilihat dari Mata, Ini Tanda-tandanya

Depresi

Tahukah Anda bawa depresi termasuk salah satu ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda? Kandungan kolesterol dalam otak mencapai 25%. Jika jumlahnya kolesterol jahat terlalu tinggi, kemampuan otak untuk mengatur emosi menjadi terganggu.

Hal itulah yang membuat Anda mengalami depresi. Selain itu, risiko kehilangan memori dan penyakit alzheimer pun dapat meningkat saat jumlah kolesterol jahat dalam tubuh Anda terlalu tinggi, sedangkan jumlah kolesterol baik terlalu sedikit.

Berat badan naik

Healthy-Ojas menyatkaan bahwa berat badan bertambah jadi ciri-ciri kolesterol usia muda berikutnya yang dialami oleh banyak orang. Salah satu faktor yang mengakibatkan hal tersebut adalah hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah kondisi di mana hormon tiroid terlalu sedikit.

Tak hanya tiroidisme, peradangan dalam tubuh juga mengakibatkan jumlah kolesterol meningkat. Beberapa faktor yang menyebabkan peradangan dalam tubuh Anda adalah stres, kurang tidur, hingga depresi.

Itulah manfaat sayur kale untuk menurunkan kolesterol serta ciri-ciri kolesterol tinggi usia muda yang harus diwaspadai. Jangan lupa menjalankan pola hidup sehat seperti tidur teratur dan olahraga secara rutin untuk menjaga kolesterol normal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru