kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan & Larangan yang Harus Dihindari Saat Minum Kopi


Selasa, 27 Desember 2022 / 07:19 WIB
Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan & Larangan yang Harus Dihindari Saat Minum Kopi
ILUSTRASI. Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan & Hal-Hal Yang Harus Dihindari Saat Minum Kopi


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat kopi bagi kesehatan. Namun, minum kopi juga bisa merugikan kesehatan jika salah dalam penyajian. Berikut larangan minum kopi yang harus dipatuhi.

Manfaat kopi bagi kesehatan sangat besar karena kandungan antioksidan serta nutrisi penting lain. Manfaat kopi untuk kesehatan akan terasa jika diminum secara rutin dalam jumlah tertentu.

Diberitakan Kontan.co.id sebelumnya, kopi mengandung kafein sehingga mampu meningkatkan energi Anda. Hal itu dimulai saat kafein terserap oleh pembuluh darah kemudian dibawa menuju otak. Dalam otak, kafein menghambat neurotransmitter adenosin sehingga jumlah neurotransmitter yang lain bertambah.

Proses itulah yang menyebabkan energi Anda meningkat setelah minum kopi. Tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi kopi. Mulai dari membakar lemak, menurunkan risiko diabetes, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Minuman Mengandung Antioksidan yang Efektif Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berikut rincian manfaat kopi untuk kesehatan:

Membakar Lemak

Manfaat kopi untuk kesehatan yang pertama adalah membakar lemak. Mengutip dari Healthline (healthline.com), kafein adalah senyawa alami yang dapat membakar lemak dalam tubuh Anda. Pembakaran lemak pada penderita obesitas mencapai 10%. Sedangkan pembakaran lemak pada orang bertubuh kurus meningkat jadi 29%.

Tak hanya itu, menurut beberapa penelitian, kopi dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%. Meski demikian, efek tersebut bisa hilang jika Anda mengonsumsi kopi dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, tetap berkonsultasi pada dokter supaya berat badan tetap terkontrol.

Baca Juga: 4 Manfaat kopi untuk wajah ini tak boleh Anda abaikan

Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat kopi hitam selanjutnya adalah menurunkan risiko diabetes. Orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi hitam memiliki risiko terkena diabetes 23-50% lebih kecil daripada orang-orang yang tidak minum kopi hitam.

Menjaga Kesehatan Liver

Manfaat kopi untuk kesehatan yang ketiga adalah menjaga kesehatan liver. Ada banyak jenis penyakit yang menyerang liver Anda. Mulai dari hepatitis, penyakit lemak hati, hingga sirosis. Melansir Healthline, mereka yang minum empat gelas kopi hitam per hari memiliki risiko sirosis hati yang lebih rendah sebanyak 80%.

Mengatasi Depresi

Manfaat kopi untuk kesehatan yang keempat adalah mengatasi depresi. Depresi adalah salah satu masalah kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi kopi secara rutin. Ada beberapa penelitian yang membuktikan manfaat kopi hitam tersebut.

Sebuah penelitian Harvard yang dipublikasikan pada 2011 menunjukkan bahwa empat gelas kopi per hari dapat menurunkan risiko depresi hingga 20%. Selain minum kopi, cobalah untuk tetap berkonsultasi dengan dokter agar cara penanganan depresi yang tepat bisa Anda lakukan.

Larangan minum kopi

Agar manfaat kopi berguna untuk kesehatan, patuhi larangan minum kopi berikut supaya tidak berdampak buruk pada tubuh:

1. Minum terlalu banyak

Larangan minum kopi yang pertama adalah minum terlalu banyak. Satu studi sebelumnya yang mengevaluasi 40.000 orang dewasa memperhatikan bahwa minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat berdampak negatif pada umur seseorang.

Namun, para ilmuwan juga menemukan bahwa minum 28 cangkir seminggu justru akan berdampak positif. Jadi, setiap orang punya batasan sendiri-sendiri. Jangan terus-terusan minum kopi jika sudah merasakan gejala negatif tertentu.

2. Terlalu banyak gula

Larangan minum kopi yang kedua adalah kebanyakan tambahan gula. Ketika Anda memesan secangkir kopi latte ukutan besar di kedai favorit Anda, kemungkinan besar Anda mengonsumsi setidaknya 30 gram gula sekaligus.

Padahal, konsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan kematian dini. Konsumsi gila juga bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan kadar glukosa darah. Hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko diabetes.

3. Menambahkan terlalu banyak creamer

Larangan minum kopi yang ketiga adalah menambahkan banyak creamer. Rasa manis pada kopi tak hanya bergantung pada gula. Creamer yang Anda tambahkan juga mengandung pemanis buatan.

Daripada menambahkan creamer pada kopi Anda, sebaiknya Anda menambahkan sedikit susu.

4. Memilih kopi tanpa kafein

Larangan minum kopi yang keempat adalah memilih kopi tanpa kafein. Banyak orang berpikir kopi tanpa kafein lebih menyehatkan. Padahal, riset dalam jurnal Longevity & Healthspan membuktikan bahwa kafein dapat membantu memperpanjang umur Anda, meningkatkan kesehatan Anda, dan menunda penyakit terkait usia seperti Alzheimer.

Sebab, kafein dapat membantu pembatasan diet dan mengurangi pensinyalan insulin. Namun, Anda juga tidak boleh mengonsumsi kafein berlebihan.

Menurut studi Advances in Psychiatric Treatment "Neuropsychiatric Effects of Caffeine", mengonsumsi lebih dari 1.000 miligram kafein sehari dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh termasuk peningkatan kecemasan, insomnia, dan masalah pencernaan.

Itulah manfaat kopi untuk kesehatan serta larangan minum kopi yang harus dipatuhi. Sudahkah Anda minum kopi hari ini?

Sebagian artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kesalahan Minum Kopi yang Bisa Memperpendek Usia",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×