kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Jus Timun Untuk Menghidrasi Tubuh, Ada 9 Khasiat Lainnya


Sabtu, 08 Juni 2024 / 10:30 WIB
Manfaat Jus Timun Untuk Menghidrasi Tubuh, Ada 9 Khasiat Lainnya
ILUSTRASI. jus timun


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat jus timun untuk menghindrasi tubuh cukup menarik perhatian untuk diketahui. Tak hanya itu, masih banyak khasiat dan manfaat jus timun yang bisa didapatkan.

Pasalnya, jus timun memiliki rasa yang khas dan menyegarkan dikonsumsi dalam kondisi dingin.

Timun, atau disebut juga mentimun, bukan hanya sekadar sayuran penyegar dalam salad, tetapi juga dapat diolah menjadi jus yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Juni 2024

Melansir dari Healthline, jus timun menawarkan banyak manfaat kesehatan termasuk menjaga Anda tetap terhidrasi, membantu penurunan berat badan, menyediakan antioksidan, dan mungkin membantu mencegah kanker.

Selain itu, berikut beberapa manfaat jus timun untuk kesehatan tubuh:

Menghindrasi Tubuh

Jus timun memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 95%. Konsumsi jus timun membantu menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, membantu menghindari dehidrasi, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Ide Konsep Foto Prewedding yang Unik, Yuk Cek!

Kaya Antioksidan

Timun mengandung antioksidan seperti beta-karoten, flavonoid, tannin, dan triterpenoid yang dapat membantu melawan radikal bebas. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

Menyegarkan Napas

Senyawa yang terkandung dalam timun dapat membantu mengurangi bau mulut. Kandungan airnya juga membantu membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri penyebab bau di dalam mulut.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Timun mengandung potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi jus timun secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Kylian Mbappe Ke Real Madrid, Bagaimana Nasib Vinicius Junior dan Penyerang Lain?

Mendukung Pencernaan

Serat yang terkandung dalam timun dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan saluran pencernaan secara umum.

Mengurangi Peradangan

Kandungan antiinflamasi dalam timun dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat bagi individu yang mengalami masalah peradangan seperti arthritis atau penyakit inflamasi lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan silikon dan vitamin K dalam timun dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi pembengkakan, dan memberikan tampilan kulit yang lebih sehat.

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Jadi Sumber Energi Alami

Menurunkan Berat Badan

Timun memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Serat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam timun, seperti vitamin C dan mangan, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga tubuh tetap sehat dan tahan terhadap infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×