HOME

Manfaat jahe yang tidak cuma penghangat badan tapi juga penangkal virus corona

Senin, 02 Maret 2020 | 22:50 WIB Sumber: Kompas.com
Manfaat jahe yang tidak cuma penghangat badan tapi juga penangkal virus corona

Jahe Gajah. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jangan menyepelekan rempah-rempah asal Indonesia. Seorang guru besar dari Universtasi Airlangga, Chaerul Anwar Nidom menyatakan bahwa ramuan yang berasal dari beragam rempah-rempah lokal bisa menangkal keganasan virus corona.

Dalam pemaparan dengan salah satu media televisi nasional, Chaerul Anwar Nidom menyebut rempah-rempah seperti jahe, temuwalak, kunyit, kayumanis dan sereh yang kalau dipadukan menjadi satu, kemudian direbus lalu diminum sarinya setiap hari bisa mengurangi efek yang ditimbulkan dari virus corona. Bagi yang sehat pun bisa mengkonsumsi ramuan tersebut untuk memperkuat daya tahan tubuh termasuk juga menangkal virus corona.

Menyebut rempah-rempah di atas memang kerap dipakai untuk ragam minuman tradisional. Salah satunya adalah jahe. Dari jahe bisa dibuat ramuan minuman wedang ronde, wedang jahe dan lainnya. 

Baca Juga: Cegah tertular virus corona, kurangi intensitas kontak fisik

Nah, apa khasiat dari jahe? Manfaat salah satu bumbu masak ini sebetulnya tidak hanya sekedar menambah kelezatan dan kehangatan dari salah satu jenis minuman, seperti wedang ronde atau susu jahe, tetapi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.  

1. Memiliki kemungkinan untuk menurunkan kolesterol. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh berpotensi untuk menimbulkan penyakit yang serius. Bubuk jahe ditemukan mampu menurunkan kadar LDL atau ‘kolesterol jahat’ pada 45 pasien hiperlipidemia atau yang memiliki kadar kolesterol  tinggi. Kadar kolesterol juga bisa mengurangi tingkat kolesterol pada tikus yang mengalami diabetes dan hipotiroid atau memiliki kadar tiroid yang rendah. Meskipun demikian, efek jahe terhadap kadar kolesterol masih perlu riset lebih lanjut. 

2. Menangkal infeksi bakteri dan virus. Manfaat jahe dalam menangkal infeksi bakteri dan virus tertentu didukung oleh kandungan gingerol dalam jahe yang dapat menghambat infeksi bakteri, seperti shigella, E.coli, dan sebagainya. Bumbu dapur jahe juga ditemukan bisa menangkal infeksi virus RSV yang menyerang saluran pernapasan. Bahkan, sebuah penelitian mendapati bahwa jahe berpotensi untuk mencegah infeksi bakteri yang resisten terhadap obat. Selain itu, jahe juga memiliki antioksidan yang mungkin dapat mencegah kerusakan DNA tubuh dan stres, serta bisa membantu mengatasi pilek dan flu. 

Editor: Markus Sumartomjon
Tag


Terbaru