Manfaat Es Batu Untuk Wajah & Cara Alami Lain Memutihkan Kulit wajah Pria Wanita

Kamis, 06 Oktober 2022 | 08:33 WIB Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com
Manfaat Es Batu Untuk Wajah & Cara Alami Lain Memutihkan Kulit wajah Pria Wanita

ILUSTRASI. Manfaat Es Batu Untuk Wajah & Cara Alami Lain Memutihkan Kulit wajah Pria Wanita

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk Anda yang masih mencari cara memutihkan kulit wajah, tak perlu repot lagi. Ternyata, es batu juga memberi manfaat bagus untuk memutihkan kulit wajah. Selain es batu, memutihkan wajah juga bisa dilakukan dengan cara lain yang alami.

Dilansir dari Kompas.com, es batu telah lama dikenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah. Suhu dingin pada es batu diyakini dapat memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajah.

Perawatan wajah menggunakan es batu menawarkan banyak manfaat pada kulit. Es batu dapat melancarkan sirkulasi darah di permukaan kulit dan efeknya bisa memberikan dampak yang cukup signifikan.

Cara memutihkan kulit wajah dengan es batu juga cukup mudah. Anda hanya memerlukan es batu untuk dioleskan ke kulit setelah wajah dibersihkan. Namun manfaat es batu untuk kulit wajah akan terlihat jika cara ini dilakukan secara rutin.

Selain memutihkan wajah, berikut manfaat es batu untuk kulit wajah menurut Cleveland Clinic:

1. Mengurangi pembengkakan pada wajah

Manfaat es batu untuk kulit wajah yang pertama adalah mengurangi pembengkakan. Suhu dingin pada es batu dapat membantu melancarkan kelebihan cairan dari sistem limfatik yang dapat mengurangi pembengkakan pada wajah.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Ginjal & Obat Herbal Ginjal yang mudah didapat Tanpa Ke Apotek

2. Mengatasi mata panda

Manfaat es batu untuk kulit wajah yang kedua adalah mengatasi mata panda. Mengoles es batu ke area bawah mata dapat memberikan efek pengencangan pada kulit. Sehingga area yang menghitam pun perlahan bisa hilang.

Namun pada orang tertentu yang memiliki riwayat keturunan kantung mata menghitam, cara ini sepertinya tidak dapat memberikan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan beberapa perawatan lain di klinik kecantikan atau penggunaan serum khusus mata panda.

3. Mencerahkan atau memutihkan kulit

Manfaat es batu untuk kulit wajah yang ketiga adalah mencerahkan atau memutihkan. Pada dasarnya, suhu dingin pada es batu mampu menyempitkan pembuluh darah di kulit wajah.

Manfaat ini secara langsung dapat mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan kerutan dan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Cara aman mengoleskan es batu di wajah Es batu untuk merawat wajah

Selain murah, cara memutihkan wajah dengan es batu juga sangat mudah diaplikasikan. Kita hanya perlu mengoleskan es batu ke kulit wajah yang sudah dibersihkan sebelum menggunakan krim wajah atau produk kecantikan lainnya.

Namun para ahli kecantikan mengatakan, beberapa orang mungkin perlu cara khusus karena cara tersebut dapat membuat kulit menjadi iritasi dan kemerahan. Terlebih pada orang yang memiliki tipe kulit wajah sensitif.

Untuk itu, cara paling aman mengoleskan es batu adalah dengan membalutnya menggunakan kain tipis. Kemudian es batu yang sudah dilapisi itu hanya perlu di tekan-tekan sedikit ke wajah secara merata dengan gerakan melingkar.

Area wajah yang bisa dirawat dengan es batu antara lain pipi, dagu, dahi, rahang dan hidung. Hindari juga menempelkan es batu terlalu lama untuk menghindari iritasi atau sensasi dingin yang membuat kita tidak nyaman.

Setelah melakukan perawatan memutihkan wajah ini, jangan lupa untuk menggunakan pelembap wajah agar kulit tidak menjadi kering.

Cara alami memutihkan kulit wajah

Selain dengan es batu, ada cara alami lain memutihkan kulit wajah. Dirangkum dari pemberitan Kontan.co.id sebelumnya, berikut cara alami lain memutihkan kulit wajah:

  • Masker Tepung Beras dan Susu

Cara alami memutihkan kulit wajah yang pertama adalah dengan menggunakan masker tepung beras dan susu. Mengutip dari Firstcry.com (parenting.firstcry.com), Anda bisa memutihkan wajah dengan masker yang terbuat dari tepung beras dan susu.

Tepung beras akan mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan susu akan membersihkan kulit secara menyeluruh.

Pertama, campurkan tepung beras dan susu sampai berbentuk pasta. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan leher lalu diamkan sampai mengering. Selanjutnya, beri sedikit air di atas masker kemudian pijat wajah dan leher dengan gerakan memutar. Anda bisa membersihkan sisa masker dengan air setelah hal itu Anda lakukan.

  • Oatmeal dan Minyak Almond

Cara alami memutihkan kulit wajah yang kedua adalah menggunakan masker oatmeal dan minyak almond. Sama seperti tepung beras, oatmeal berperan untuk membersihkan sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam.

Di sisi lain, minyak almond akan bekerja untuk melembabkan dan menghidrasi kulit dengan lebih maksimal. Pemutih wajah alami ini cocok digunakan untuk tipe kulit kering.

Cara membuatnya, campurkan oatmeal, minyak almond, dan yogurt dalam sebuah wadah. Setelah itu, oleskan pada seluruh area wajah dan diamkan hingga mengering. Anda bisa memberi sedikit pijatan pada wajah sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

Air Tomat

Cara alami memutihkan kulit wajah yang ketiga adalah menggunakan air tomat. Firstcry.com mengatakan bahwa tomat memiliki kandungan yang mampu menghilangkan kekusaman di wajah. Jika Anda menggunakannya secara rutin, kulit nampak lebih cerah dalam beberapa hari.

Caranya pun cukup mudah. Ambil ekstrak atau air tomat lalu balurkan pada seluruh wajah. Diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

  • Yogurt dan Madu

Cara alami memutihkan kulit wajah yang keempat adalah menggunakan masker yogurt dan madu. Yogurt akan bekerja untuk membersihkan dan melembabkan kulit wajah, sedangkan madu berfungsi untuk mencerahkan kulit.

Pertama, campurkan yogurt, madu, dan bubuk kunyit lalu aplikasikan pada wajah dan leher. Diamkan selama satu setengah jam, kemudian pijat wajah dengan gerakan memutar. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Itulah manfaat es batu untuk kulit wajah dan cara alami lain memutihkan kulit wajah. Silakan dibuktikan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru