Ciri-Ciri Penyakit Ginjal & Obat Herbal Ginjal yang mudah didapat Tanpa Ke Apotek

Senin, 19 September 2022 | 14:39 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Ciri-Ciri Penyakit Ginjal & Obat Herbal Ginjal yang mudah didapat Tanpa Ke Apotek

ILUSTRASI. Ciri-Ciri Penyakit Ginjal & Obat Herbal Ginjal yang mudah didapat Tanpa Ke Apotek


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri penyakit ginjal sejak dini. Selain itu, pahami pula obat herbal penyakit ginjal.

Mengenali ciri-ciri penyakit ginjal sejak dini penting untuk mencegah keparahan dan membantu penyembuhan. Jika mendeteksi penyakit ginjal, sejumlah bahan herbal bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakit ginjal.

Dilansir dari Kompas.com, Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis terjadi saat fungsi ginjal hilang secara bertahap. Ginjal berfungsi untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan dari darah yang kemudian dikeluarkan melalui urin.

Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, Anda mungkin memiliki beberapa ciri-ciri atau gejala. Banyak yang tidak menyadari bahwa telah terjadi penyakit ginjal sampai kondisinya sudah lanjut.

Merangkum dari WebMD, 24 April 2022, berikut 10 ciri-ciri penyakit ginjal dan penyebabnya:

1. Merasa selalu lelah

Ciri-ciri penyakit ginjal yang pertama adalah merasa selalu lelah. Selalu lelah menjadi salah satu tanda adanya masalah pada ginjal, karena ginjal menyaring limbah/racun dari darah dan mengirimkannya melalui urin.

Ketika ginjal tidak bekerja dengan benar, racun dapat menumpuk. Akibatnya seseorang merasa lelah, lemah, atau sulit berkonsentrasi. Selain itu ginjal membuat hormon yang memberi tahu tubuh untuk membuat sel darah merah. Jika sel darah merah yang diproduksi berlebihan, darah tidak dapat memberikan oksigen sebanyak yang dibutuhkan otot dan otak.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mencegah Munculnya Batu Ginjal

2. Susah tidur

Ciri-ciri penyakit ginjal yang kedua adalah susah tidur. Studi menunjukkan kemungkinan hubungan antara sleep apnea dan penyakit ginjal kronis (CKD), yang seiring waktu merusak organ dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

Sleep apnea dapat melukai ginjal dengan mencegah tubuh mendapatkan cukup oksigen. CKD pada gilirannya dapat menyebabkan sleep apnea dengan mempersempit tenggorokan, penumpukan racun, dan cara lainnya.

3. Kulit gatal atau ruam di sekujur tubuh

Ciri-ciri penyakit ginjal yang ketiga adalah kulit gatal atau ruam di sekujur tubuh. Jika ginjal tidak dapat membuang racun dan menumpuk di dalam darah, maka bisa menyebabkan ruam dan gatal di sekujur tubuh.

Seiring waktu, ginjal mungkin tidak dapat menyeimbangkan mineral dan nutrisi dalam tubuh. Hal itu dapat menyebabkan penyakit mineral dan tulang, yang dapat membuat kulit kering dan gatal.

4. Wajah dan kaki bengkak

Ciri-ciri penyakit ginjal yang keempat adalah wajah dan kaki bengkak. Ketika ginjal tidak dapat membuang natrium dengan baik, cairan menumpuk di tubuh.

Itu bisa menyebabkan tangan, kaki, pergelangan kaki, atau wajah bengkak (terutama kaki dan pergelangan kaki). Selain itu protein yang bocor dalam urin dapat muncul sebagai bengkak di sekitar mata.

5. Kram otot

Ciri-ciri penyakit ginjal yang kelima adalah sering kram otot. Kram di kaki atau bagian tubuh lainnya bisa menjadi tanda fungsi ginjal yang buruk. Ketidakseimbangan kadar natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lain dapat mengganggu cara kerja otot dan saraf.

6. Sesak napas

Ciri-ciri penyakit ginjal yang keenam adalah sesak napas. Ketika seseorang memiliki penyakit ginjal, organ tubuh tidak menghasilkan cukup hormon yang disebut eritropoietin, hormon memberi sinyal pada tubuh untuk membuat sel darah merah.

Tanpa itu, seseorang bisa terkena anemia dan sesak napas. Penyebab lainnya adalah penumpukan cairan. Seseorang mungkin kesulitan mengatur napas. Bahkan dalam kasus yang serius, hanya berbaring saja dapat membuat seseorang merasa seperti sedang tenggelam.

7. Kepala berkabut

Ciri-ciri penyakit ginjal yang ketujuh adalah kepala berkabut. Ketika ginjal tidak menyaring semua limbah dari tubuh, racun dapat mempengaruhi otak. Anemia juga dapat menghalangi otak dari oksigen yang dibutuhkan.

Mereka yang mengalaminya mungkin merasa pusing dan mengalami masalah dengan konsentrasi dan memori. Seseorang bahkan mungkin menjadi sangat bingung sehingga mengalami kesulitan dengan tugas-tugas sederhana.

8. Nafsu makan rendah

Ciri-ciri penyakit ginjal yang kedelapan adalah nafsu makan rendah. Penyakit ginjal dapat menyebabkan mual atau muntah dan sakit perut. Hal itu dapat membuat nafsu makan berkurang dan kadang-kadang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

9. Napas berbau

Ciri-ciri penyakit ginjal yang kesembilan adalah napas bau. Ketika ginjal Anda tidak dapat menyaring limbah, dapat menyebabkan kondisi yang disebut uremia. Itu bisa membuat napas bau. Selain itu racun dalam aliran darah dapat membuat makanan terasa seperti logam atau tidak enak.

10. Urin berbusa, coklat, atau berdarah

Ciri-ciri penyakit ginjal yang ke-10 adalah urin berbusa, coklat atau berdarah. Kencing berbuih bisa menjadi tanda terlalu banyak protein yang disebut albumin. Itu bisa diakibatkan oleh masalah ginjal.

Begitu juga urin berwarna kecoklatan atau sangat pucat. Fungsi ginjal yang salah juga dapat menyebabkan darah bocor ke kandung kemih. Tapi darah dalam urin juga bisa disebabkan oleh batu ginjal, tumor, atau infeksi.

Obat herbal penyakit ginjal

Diberitakan Kontan.co.id, Healthline menyebutkan sejumlah bahan herbal sebagai obat penyakit ginjal. Namun perlu diingat bahwa beberapa cara berikut bukan pengganti perawatan atau obat yang diresepkan dokter, ya. Sebelum rutin menggunakan bahan-bahan ini, cobalah untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Cuka apel

Cuka apel termasuk salah satu bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal ginjal. Alasannya karena cuka apel mengandung antibakteri sehingga bisa melawan infeksi.

Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikan khasiat cuka apel tersebut.

Baca Juga: Coba 6 rekomendasi obat herbal tekanan darah tinggi ini

Apel

Healthline merekomendasikan apel untuk mengobati masalah pada ginjal. Zat asam yang terkandung dalam bahan alami itu mampu membantu ginjal menjaga keasaman urin. Dengan begitu, pertumbuhan bakteri dapat dicegah.

Tidak berhenti sampai di situ, apel juga memiliki kandungan antiinflamasi. Artinya, peradangan yang muncul akibat infeksi dapat teratasi pula. Anda bisa mengonsumsi apel secara langsung atau mengolahnya dulu menjadi jus.

Air putih

Jika Anda ingin mengobati masalah pada ginjal, cobalah untuk minum banyak air putih. Air putih dapat membersihkan saluran urin sehingga lebih banyak bakteri yang hilang.

Umumnya, Anda membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berubah tergantung kondisi tubuh Anda.

Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C termasuk dalam daftar obat herbal ginjal.

Makanan yang mengandung banyak vitamin C juga termasuk dalam obat herbal ginjal, lo. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang mampu menjaga jaringan dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, kondisi kesehatan ginjal dapat terjaga. Selain itu, vitamin C efektif pula meningkatkan enzim dalam ginjal. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C.

Jika memang dibutuhkan, Anda juga dapat mengonsumsi vitamin itu dalam bentuk suplemen. Namun, pastikan untuk konsultasi dulu dengan dokter, ya.

Itulah ciri-ciri dan obat herbal penyakit ginjal. Segera hubungi dokter jika sakit berlanjut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru