kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat dan dampak negatif jus seledri untuk kesehatan, bisa menurunkan berat badan


Senin, 17 Mei 2021 / 07:06 WIB
Manfaat dan dampak negatif jus seledri untuk kesehatan, bisa menurunkan berat badan


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Seledri adalah sayuran yang sering digunakan sebagai bahan membuat soup. Ternyata, seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama jika dibuat jus seledri, bisa memberi manfaat untuk kesehatan mulai dari menurunkan berat badan, hingga mencegah tekanan darah tinggi.

Minum jus seledri disebut dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan berat badan, terutama setelah banyak mengonsumsi makanan berlemak. Sayuran ini menjadi sangat populer karena mengandung banyak nutrisi seperti folat, kalium, mangan, vitamin A, C, dan K.

Selain itu, seledri juga merupakan sumber riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, magnesium, dan fosfor yang bagus. Dengan kandungan tersebut, simak manfaat jus seledri sebagai berikut:

Manfaat jus seledri bisa memecah lemak untuk menurunkan berat badan

Jus seledri sering dikatakan dapat menurunkan berat badan. Para pendukung tren minum jus seledri mengklaim, meminumnya per 475 ml setiap pagi dapat memecah lemak dan melarutkan sel-sel lemak yang disimpan di hati.

Meski klaim ini tidak memiliki bukti ilmiah dan membutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi jus seledri terbukti mengandung kalori yang relatif rendah yakni hanya 85 kalori per 475 ml. Mengganti minuman berkalori tinggi seperti kopi manis atau softdrink dengan jus seledri adalah pilihan cerdas jika kita mencoba menghilangkan lemak di tubuh.

Di samping itu, mengonsumsi minuman rendah kalori seperti jus seledri sebelum makan juga dapat meningkatkan rasa kenyang, dan membantu kita makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Meskipun jus seledri adalah minuman sehat dan rendah kalori, kunci penurunan berat badan jangka panjang tidak terletak pada satu makanan. Sebagai gantinya, gabungkan olahraga dan diet bergizi berdasarkan makanan utuh.

Baca juga: Cara membantu menurunkan berat badan secara alami dengan kopi, ini kiatnya

  • Manfaat jus seledri sebagai anti-inflamasi

Jus seledri tinggi fitonutrien, yang merupakan senyawa tanaman yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi. Flavonoid adalah golongan fitonutrien utama dalam seledri. Peningkatan asupan flavonoid dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Dengan demikian, seledri utuh dan sarinya dapat membantu mencegah penyakit tertentu.

  • Manfaat jus seledri untuk mencegah darah tinggi

Jus seledri juga dapat membantu mengontrol tekanan darah. Efek ini kemungkinan disebabkan oleh konsentrasi nitrat dalam seledri, yang meningkatkan kesehatan jantung dan membantu menurunkan tekanan darah. Tapi, jangan samakan dengan nitrat dan nitrit yang digunakan dalam pengawetan makanan karena itu terkait dengan efek negatif.




TERBARU

[X]
×