Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Jadi Sumber Energi, Apa Saja?

Kamis, 21 April 2022 | 11:54 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Jadi Sumber Energi, Apa Saja?

ILUSTRASI. Kurma adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan cocok dikonsumsi saat buka puasa.


KONTAN.CO.ID - Karbohidrat adalah senyawa yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Untuk menjaga fungsi tubuh tidak terganggu, mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat adalah hal yang harus dilakukan setiap hari. 

Tidak hanya sebagai sumber energi, karbohidrat yang terkandung dalam makanan juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga kesehatan fungsi otak, menjaga massa otot dan lain-lain.

Meski demikian, Anda tidak boleh mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan karena dapat meningkatkan berat badan. Selain itu, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat sehat dan hindari makanan yang mengandung karbohidrat tidak sehat seperti soda, permen, dan berbagai jenis pemanis buatan. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Makan di Atas Daun Pisang?

Melansir dari Medical News Today, simak beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sehat menjadi sumber energi, di antaranya: 

Kurma 

Kurma merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi dan sehat. Tak hanya itu kurma juga mengandung banyak nutrisi lain seperti serat, kalium, fosfor, vitamin A dan lain-lain. Sehingga tidak heran kurma sering dikonsumsi saat buka puasa untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. 

Jeruk 

Buah Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang mengandung banyak vitamin C. Ternyata tidak hanya itu, jeruk juga termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Kacang Merah 

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selanjutnya adalah kacang merah. Salah satu jenis kacang ini mengandung banyak karbohidrat, protein hingga serat. Selain itu mengkonsumsi kacang merah juga dapat menjaga kesehatan usus loh. 

Baca Juga: 6 Tips Aman Menurunkan Berat Badan Selama Ramadan 2022

Pisang

Pisang

Pisang dikenal sebagai salah satu makanan yang mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, pisang juga mengandung cukup banyak kalium yang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan, pisang sangat identik sebagai makanan para atlet karena dapat memberikan energi lebih. 

Jagung 

Melansir dari Medical News Today, jagung mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin C dan berbagai nutrisi lainnya. 

Mengkonsumsi jagung juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat hari Anda. Selain itu juga dapat menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: Wajib Ada Saat Lebaran, Begini Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lumer

Mangga

Mangga merupakan buah yang memiliki rasa manis yang sangat lezat saat dikonsumsi. Selain rasanya yang lezat, mangga juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi. Tak berhenti sampai disitu, mangga juga mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan punya banyak serat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru