CLOSE [X]

6 Tips Aman Menurunkan Berat Badan Selama Ramadan 2022

Kamis, 21 April 2022 | 06:32 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
6 Tips Aman Menurunkan Berat Badan Selama Ramadan 2022

ILUSTRASI. Menurunkan berat badan saat bulan puasa Ramadan.


KONTAN.CO.ID - Bulan Ramadan 2022 adalah waktu yang tepat bagi Anda yang ini menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, selama bulan Ramadan asupan makanan bisa lebih terjaga. 

Meski bulan Ramadan adalah bulan puasa yang penting untuk dijalankan umat Islam di seluruh dunia. Namun, bagi Anda yang non Islam juga bisa berpuasa jika ingin menurunkan berat badan.

Mereka yang berpuasa selama Ramadan menahan diri dari makan dan minum dari waktu terbit hingga terbenamnya matahari. Hal tersebut yang dipercaya membuat diet menurunkan berat badan menjadi lebih efektif.

Baca Juga: TikMate Situs Download Video TikTok Tanpa Watermark HD Gampang Lewat Smartphone

Selain itu, puasa Ramadan adalah bentuk puasa intermiten yang telah mendapatkan popularitas terbukti menurunkan berat badan. Sementara tindakan puasa ini memungkinkan pengikut agama Islam untuk fokus pada doa dan rasa syukur, bagi sebagian orang, ini juga bisa menjadi kesempatan bagus untuk menurunkan berat badan.

Melansir dari Health Canal, berikut ada tips menurunkan berat badan selama bulan puasa Ramadan, di antaranya: 

Menjaga Cairan Tubuh

Studi menunjukkan air minum dapat meningkatkan penurunan berat badan terlepas dari diet dan aktivitas yang dilakukan. Menjaga asupan cairan tubuh dengan minum setidaknya delapan gelas air sehari dapat mencegah dehidrasi dan membantu mengendalikan keinginan mengkonsumsi gula. 

Selain itu, agar diet menurunkan berat badan lebih efektif, cobalah untuk menghindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik yang dapst membuat tubuh kehilangan lebih banyak air.

Mengkonsumsi Makanan Sehat Saat Sahur

Tips selanjutnya, makan sahur harus dalam porsi besar dan mengenyangkan namun tetap sehat untuk menyediakan energi yang cukup sepanjang hari puasa. Sehingga diet menurunkan berat badan bisa berjalan lancar. 

Baca Juga: 6 Tips Mudik Agar Aman Selama Perjalanan, Catat!

Makan Perlahan Saat Buka Puasa

Agar penurunan berat badan menjadi lebih efektif, tipsnya makanlah secara perlahan saat buka puasa. Anda harus bisa menahan untuk tidak makan berlebihan saat buka puasa.

Buka puasa Anda secara perlahan dengan makan kurma berserat tinggi yang mengandung gula alami, yang membantu mengisi kembali energi yang hilang selama berjam-jam puasa. Kurma juga kaya akan nutrisi, magnesium dan protein.

Batasi Asupan Garam dan Gula

Studi menunjukkan membatasi garam dalam makanan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat. Hindari makanan asin seperti makanan kaleng, snack asin dan makanan pedas karena ini akan meningkatkan rasa haus Anda di siang hari.

Selain itu, saat Ramadan menawarkan banyak kelezatan dan hidangan manis yang mengandung gula mungkin akan sulit untuk ditolak. Untuk itu, Anda harus menghindarinya agar tidak mengganggu program diet Anda.

Alih-alih menurunkan berat badan, Anda dapat dengan cepat menambah berat badan dari gula olahan di dalam makanan dan minuman manis ini. Cobalah menggantinya dengan buah-buahan atau sayuran. 

Baca Juga: Wajib Ada Saat Lebaran, Begini Resep Kue Nastar Nanas Enak dan Lumer

Batasi Makanan Olahan

Makanan olahan biasanya tinggi lemak, garam, gula dan kalori. Hal tersebut akan menghambat proses diet menurunkan berat badan Anda. 

Studi menunjukkan bahwa makanan olahan seperti makanan cepat saji dan makanan kemasan meningkatkan berat badan dibandingkan dengan mengonsumsi makanan bahan tunggal yang tidak diproses.

Olahraga

Tips aman menurunkan berat badan selama bulan Ramadan yang terakhir adalah tetap bergerak, caranya dengan berolahraga.

Meski Anda tengah berpuasa, usahakan Anda tetap berolahraga. Pasalnya, olahraga sangat membantu mempercepat pembakaran lemak dan mempertahankan massa otot. Namun, pastikan cairan tubuh tetap terjaga, dengan berolahraga di waktu yang tepat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru