CLOSE [X]

Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Lambung

Kamis, 28 April 2022 | 12:30 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Makanan yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan Penderita Asam Lambung


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung naik bisa disebabkan dari makanan. Ini makanan yang baik dan buruk untuk penderita asam lambung.  

Asam lambung naik membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Baca Juga: 5 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung

Sekedar info, asam lambung naik terjadi ketika aliran asam dari lambung kembali ke tenggorokan. 

Mengutip dari Healthline, kondisi tersebut terjadi karena sfingter esofagus bagian bawah (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut bergerak ke kerongkongan. 

Merangkum dari Kompas.com, asam lambung naik ditandai dengan sejumlah gejala beberapa diantaranya mual, muntah dada terasa terbakar, muntah, dan banyak bersendawa. 

Makanan yang baik untuk asam lambung 

Makanan yang Anda konsumsi bisa memengaruhi jumlah asam yang diproduksi perut. Makanan yang tepat bisa menghindarkan Anda dari risiko asam lambung naik.  

Namuan, ada pula makanan yang berperan untuk meredakan gejala asam lambung tinggi. 

Berikut makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung: 

1. Sayuran 

Sayur-mayur rendah lemak dan gula. Sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, kentang, dan mentimun. 

2. Jahe 

Jahe, salah satu jenis rempah-rempah yang populer. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan bisa mengatasi sakit maag serta gangguan pencernaan lainny. 

3. Oatmeal 

Oatmeal yang berasal dari gandum utuh merupakan sumber serat yang baik. Diet tinggi serat dihubungkan dengan risiko asam lambung yang lebih rendah. 

4. Buah non-jeruk 

Buah-buahan non-jeruk seperti melon, pisang, apel, dan pir cenderung tidak memicu gejala asam lambung dibandingkan buah-buahan yang asam. 

5. Daging tanpa lemak dan makanan laut 

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut bisa mengurangi gejala asam lambung. 

Alih-alih menggorengnya, Anda bisa mengolah bahan makanan tersebut dengan memanggang atau merebus. 

6. Putih telur 

Putih telur adalah pilihan makanan terbaik untuk penderita asam lambung. Alasannya putih telur tidak memicu asam lambung naik. 

Sekedar info, kuning telur mengandung lemak tinggi dan bisa memicu gejala asam lambung. 

7. Lemak sehat 

Sumber lemak sehat dari makanan seperti alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen baik dan aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. 

Makanan yang buruk untuk penderita asam lambung 

Anda sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi sejumlah makanan di bawah ini agar terhindar dari asam lambung naik. 

1. Makanan tinggi lemak 

Makanan yang digoreng dan berlemak bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, makanan ini menunda pengosongan perut. 

Konsumsi makanan berlemak tinggi meningkatkan risiko gejala asam lambung, sehingga mengurangi asupan lemak harian total. 

Berikut contoh makanan yang tinggi lemak: kentang goreng, bawang bombai goreng, susu penuh lemak, keju, daging sapi, daging babi, lemak babi, es krim, dan keripik kentang. 

2. Tomat dan jeruk 

Buah-buahan yang bersifat asam bisa meningkatkan risiko asam lambung. Selain tomat dan jeruk, buah dan yang sebaiknya Anda hindari adalah jeruk nipis, nanas, dan jeruk lemon. 

3. Cokelat 

Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine yang telah terbukti bisa meningkatkan asam lambung. 

4. Bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas 

Makanan pedas dan bawang merah serta bawang putih menjadi salah satu pemicu asam lambung tinggi. 

5. Daun mint 

Mint memang memiliki aroma yang menenangkan serta rasa yang menyegarkan. Namun, daun mint bisa memicu gejala asam lambung. 

Baca Juga: Begini Cara Tepat Konsumsi Jahe untuk Mengatasi Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru