Makanan & vitamin ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat darurat Covid-19

Kamis, 24 Juni 2021 | 06:47 WIB Sumber: Kompas.com
Makanan & vitamin ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat darurat Covid-19

ILUSTRASI. Buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh: beri, kiwi, persik, apel, jeruk, pisang Sayuran: brokoli, kembang kol, kangkung, bayam

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Indonesia darurat Covid-19 karena lonjakan kasus positif virus corona kembali tak terbendung. Selain menjalankan protokol kesehatan, pastikan konsumsi makanan dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar badan tidak mudah sakit sehingga kuat melawan infeksi virus corona.

Lonjakan kasus positif Covid-19 di berbagai daerah membuat pemerintah mengambil tindakan strategis. Pengetatan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro mulai 22 Juni-5 Juli 2021 menjadi upaya yang dipilih pemerintah untuk mengendalikan penularan.

Vaksinasi Covid-19 juga mulai digencarkan di berbagai daerah untuk mencapai target herd immunity 70 persen. Tak lupa, masyarakat juga diimbau untuk terus mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Selain mematuhi protokol pencegahan Covid-19, tindakan-tindakan yang bersifat individu juga berperan vital untuk mencegah penularan virus corona meluas. Bagi masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas, kini pendaftaran vaksinasi untuk masyarakat umum di sejumlah kota dan kabupaten sudah dibuka dan dapat diikuti dengan gratis.

Mencegah penularan virus corona juga dapat dimulai dengan meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya dengan mengonsumsi makanan dengan vitamin tertentu yang bermanfaat bagi kesehatan. Lantas, apa saja makanan dan vitamin yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh?

Ahli gizi DR dr Tan Shot Yen mengatakan, makanan yang mengandung zat-zat bermanfaat bagi kesehatan dikenal dengan istilah functional food. Tan menyebutkan, functional food mengandung antioksidan, fitofenol, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh dan membawa manfaat kesehatan.

Baca juga: Kasus Covid-19 tembus 2 juta, vitamin ini penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Namun, Tan menggarisbawahi bahwa manfaat kesehatan itu hanya bisa diperoleh jika functional food dikonsumsi sebagai kebiasaan, bukan hanya satu atau dua kali. Berikut adalah beberapa makanan yang termasuk ke dalam functional food dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh: beri, kiwi, persik, apel, jeruk, pisang Sayuran: brokoli, kembang kol, kangkung, bayam
  • Kacang-kacangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh: almond, mete, pistachio Legum: buncis, kacang hitam, lentil
  • Biji-bijian utuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh: gandum, soba, beras merah
  • Makanan laut untuk meningkatkan daya tahan tubuh: salmon, sarden, mackerel, cod
  • Makanan fermentasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh: tempe, kombucha, kimchi, kefir
  • Rempah-rempah untuk meningkatkan daya tahan tubuh: kunyit, kayu manis, jahe, cabai rawit
  • Minuman untuk meningkatkan daya tahan tubuh: kopi, teh hijau, teh hitam

Simak vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru