Penyakit Menular

Makanan terasa seperti bensin dan kertas, gejala aneh covid-19

Sabtu, 24 Oktober 2020 | 18:21 WIB Sumber: Kompas.com
Makanan terasa seperti bensin dan kertas, gejala aneh covid-19

ILUSTRASI. Warga melambaikan tangan dari jendela asrama mahasiswa dengan tanda 'Positif COVID' di Manchester, Inggris, Minggu (27/9/2020).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak gejala Covid-19 yang sudah diketahui. Beberapa pasien misalnya melaporkan kehilangan indra perasa dan penciuman. 

Kendati demikian, hilangnya kemampuan untuk merasakan akibat Covid-19 tidak selalu berarti kita tidak dapat merasakan apapun. Pada kasus-kasus tertentu, pasien mengklaim bahwa hidangan tertentu tetap memiliki rasa namun berbeda dari biasanya. 

Gejala ini bertahan hingga berbulan-bulan. Salah satu pasien bernama Katie Henry mengalami perubahan yang lebih drastis dalam indra perasa dan penciumannya. 

Dia terkena parosmia yakni suatu kondisi yang ditandai dengan bau yang tidak sedap, bau busuk, dan indra perasa yang berubah. "Saya suka makanan enak, pergi ke restoran, minum dengan teman-teman tapi sekarang semuanya sudah hilang," kata dia. 

"Daging terasa seperti bensin dan prosecco wine rasanya seperti apel busuk. Bahkan, kari buatan pasangan saya jadi tidak enak lagi rasanya," sambung dia. 

Baca Juga: 106 Narapidana di Lapas Kerobokan Bali terjangkit covid-19

Sementara itu, ada juga pasien yang mengklaim bahwa rasa makanan mereka berubah seperti sedang makan karton dan kertas. "Saya pun tidak bisa merasakan segala sesuatu yang memiliki rasa yang sangat kuat," ujar salah seorang pasien Covid-19 asal Jamaika, Horcel Kamaha. 

"Saya banyak mengonsumsi makanan khas Jamaika dan saya tidak bisa merasakannya sama sekali. Semuanya terasa seperti kertas atau karton," lanjut Horcel. 

Tentu saja, masih banyak yang tidak pasti tentang gejala Covid-19. Penting untuk diingat, bahwa gejala ini tidak lazim terjadi pada pasien yang pernah atau sedang sakit dengan penyakit tersebut. 

Baca Juga: Dengan cara ini, Anda bisa mendeteksi infeksi virus corona

Juga belum ditemukan penyebab mengapa beberapa orang mengalami gejala yang aneh seperti ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Makanan Terasa seperti Bensin dan Kertas, Gejala Tak Lazim Covid-19.
Penulis: Ryan Sara Pratiwi
Editor: Wisnubrata

Baca Juga: Penelitian temukan cara baru virus corona menginfeksi sel tubuh manusia

Editor: Wahyu T.Rahmawati


Terbaru