Makan Apel Secara Rutin Bisa Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

Kamis, 06 Oktober 2022 | 11:14 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Makan Apel Secara Rutin Bisa Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Apel bisa membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apel, buah kaya antioksidan dan serat yang disebut-sebut bisa menurunkan gula darah pada penderita diabetes. 

Apel buah yang sangat populer di seluruh dunia. Apel biasanya dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran makanan atau minuman penutup. 

Baca Juga: Menurunkan Darah Tinggi, Ini 7 Manfaat Buah Pir bila Dimakan Secara Rutin

Apel merupakan sumber vitamin C dan serat. Mengutip dari Healthline, satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 9 mg vitamin C. 

Apel apel baik dan aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk penderita diabetes. 

Apel disebut-sebut hanya sedikit mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. 

Sebab, kandungan fruktosa dalam apel sangat kecil. Selain itu, kandungan serat dalam apel bisa memperlambat pencernaan serta penyerapan gula. 

Artinya, gula memasuki aliran darah secara perlahan dan tidak meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. 

Tidak hanya itu, kandungan polifenol dalam apel bisa memperlambat pencernaan karbohidrat dan menurunkan kadar gula darah.  

Apel bisa mengurangi resistensi insulin 

Apel yang dikonsumsi secara teratur bisa mengurangi resistensi insulin, yang bisa menurunkan kadar gula darah. 

Hal ini terjadi karena kandungan polifenol dalam apel merangsang pankreas untuk melepaskan insulin dan membantu sel tubuh menggunakan gula. 

Kandungan antioksidan dalam apel bisa menurunkan risiko diabetes. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian. 

Sebuah penelitian tahun 2019 menunjukkan bahwa makan apel dan pir dihubungkan dengan penurunan risiko masalah kardiovaskular dan diabetes tipe 2.  

Apel hijau efektif menurunkan gula darah penderita diabetes 

Mengutip Health Site, apel hijau mengandung gula lebih sedikit dan serat lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. 

Apel hijau sangat baik untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, apel hijau memiliki skor indeks glikemik rendah yakni 31. 

Artinya, apel baik dikonsumsi penderita diabetes secara rutin. 

Baca Juga: Stroberi yang Dimakan secara Rutin Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat dan Trigliserida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru