kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.406.000   2.000   0,14%
  • USD/IDR 16.229
  • IDX 7.288   -25,97   -0,36%
  • KOMPAS100 1.140   -5,84   -0,51%
  • LQ45 919   -3,90   -0,42%
  • ISSI 219   -0,13   -0,06%
  • IDX30 458   -2,90   -0,63%
  • IDXHIDIV20 550   -3,55   -0,64%
  • IDX80 129   -0,44   -0,34%
  • IDXV30 130   -0,02   -0,02%
  • IDXQ30 154   -1,11   -0,71%

Makan 5 Buah Ini Secara Rutin, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol


Rabu, 03 Juli 2024 / 07:33 WIB
Makan 5 Buah Ini Secara Rutin, Bisa Turunkan Kadar Kolesterol
ILUSTRASI. Penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. kolesterol adalah suatu zat lemak yang dibuat didalam hati dan lemak jenuh dalam makanan. Jika terlalu tinggi kadar kolesterol dalam darah maka akan semakin meningkatkan factor resiko terjadinya penyakit arteri koroner.

Nah, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. 

Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. 

Akan tetapi, jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah, hal tersebut dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak. 

Oleh karenanya, selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi.

Bahkan, ada juga berbagai pilihan makanan sehat yang diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Melansir laman Kemkes.go.id, penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi buah-buahan segar untuk menurunkan kolesterol secara alami. 

Meski prosesnya berlangsung membutuhkan waktu lebih lama dan lebih lambat dibanding obat penurun kolesterol, tapi mengonsumsi buah akan lebih aman dan tentunya tanpa efek samping.

Berikut adalah lima buah rekomendasi Kemenkes untuk menurunkan kolesterol dalam darah:

Baca Juga: Buah untuk Pemilik Kolesterol Tinggi Berbuka Puasa, Simak Cara Cek Kolesterol Sendiri

1. Alpukat

Selama ini banyak beredar anggapan, alpukat mengandung banyak lemak dan tidak baik untuk kesehatan. Kandungan lemak dalam alpukat memang cukup tinggi, yakni sekitar 16 persen. Tapi, kandungan lemak dalam alpukat adalah lemak yang menyehatkan, sebab 63% penyusunnya merupakan asam lemak tak jenuh, terutama jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri oleh penumpukan kolesterol jahat.

Selain sebagai berkhasiat untuk menjaga pembuluh darah, alpukat sangat dianjurkan karena mengandung banyak serat dan omega-9. Omega-9 dan serat inilah yang akan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap rendah.

2. Semangka

Semangka juga termasuk dalam keluarga buah-buahan penurun kolesterol. Pasalnya, semangka juga mengandung likopen, sama halnya dengan tomat yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Baca Juga: Selain Minum Teh Herbal, Ini Cara Membersihkan Usus Kotor secara Alami

3. Jeruk nipis

Kandungan senyawa flavanoid dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menurunkan tingkat produksi kolesterol LDL

Dengan kata lain, jeruk nipis juga akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Selain jeruk nipis, flavonoid ini sebenarnya juga banyak ditemui pada kedelai, tomat, teh, delima, brokoli, serta bawang merah dan bawang bombay.

Anda bisa menikmati jeruk nipis dengan mengirisnya tipis-tipis dan menyeduhnya dalam gelas berisi air panas selama 30 menit. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, sebaiknya seduhan jeruk nipis diminum sehari dua kali, pagi dan malam.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Apa Saja?




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×