Maia Estianty Sakit GERD, Apa itu? Simak Gejala dan Cara Mengobatinya

Senin, 28 Maret 2022 | 10:50 WIB Sumber: TribunNews.com,Kompas.com
Maia Estianty Sakit GERD, Apa itu? Simak Gejala dan Cara Mengobatinya

ILUSTRASI. Maia Estianty Sakit GERD, Apa itu? Simak Gejala dan Cara Mengobatinya. KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Penyanyi Maia Estianty mengaku mengalami Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau gangguan lambung. Apa itu penyakit GERD? Apa gejala dan cara mengobati penyakit GERD yang bisa datang tiba-tiba?

Diberitakan Tribunnews, Maia Estianty menceritakan mengalami GERD pada Minggu 27 Maret 2022. Maia Estianty dilarikan ke rumah sakit tengah malam, akibat GERD.

Maia Estianty dilarikan ke IGD oleh putra bungsunya, Dul Jaelani. Maia Estianty mengalami GERD atau gangguan lambung yang menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan.

Kabar Maia Estianty dilarikan ke rumah sakit ini dikabarkan oleh ibu tiga anak itu sendiri. Melalui Instagramnya, Maia Estianty mengunggah potret Dul yang mengantarkannya.

"Mamaknya tumbang, dianter ke IGD ama anak bontot tengah malem. So sweet @duljaelani. Love you," tulis Maia Estianty, dikutip dari Instagram @maiaestiantyreal, Minggu (27/3/1022).

Maia Estianty mengaku ini merupakan pengalaman pertamanya menghadapi GERD. "Pertama kali kena GERD, ampun deh sakitnya," tutur Maia Estianty

Dilansir dari Kompas.com,  GERD terjadi saat asam lambung dari perut berbalik naik ke kerongkongan. Penyakit ini membuat penderitanya merasakan sensasi terbakar di dada (heartburn), mengalami gangguan pencernaan, sampai sulit menelan makanan.

Baca Juga: Ciri-Cirinya Sama, Ini Cara Membedakan Sakit Punggung dengan Gejala Penyakit Ginjal

Rasa tidak nyaman yang dirasakan penderita GERD seperti Maia Estianty ini bisa terjadi beberapa kali seminggu. Berikut penjelasannya.

Apa itu GERD?

GERD adalah kondisi naiknya (refluks) asam lambung dari perut ke kerongkongan secara kronis. Melansir Cleveland Clinic, refluks asam bisa terjadi karena katup di ujung kerongkongan, tepatnya di bagian sfingter esofagus bagian bawah, tidak menutup saat makanan sampai di perut. Akibatnya, asam lambung mengalir kembali melalui kerongkongan ke tenggorokan. Penderitanya pun bisa sampai merasakan rasa asam di mulut.

Gejala GERD

Penderita GERD seperti yang dialami Maia Estianty bisa merasakan sejumlah gejala yang berbeda-beda pada penyakitnya. Melansir Mayo Clinic, ada beberapa gejala GERD yang jamak dirasakan penderitanya.

Gejala GERD seperti yang dialami Maia Estianty adalah:

  • Merasakan panas di bagian dada (heartburn), khususnya setelah makan atau di malam hari
  • Nyeri dada
  • Susah menelan makanan
  • Timbul rasa asam di mulut
  • Tenggorokan serasa ada yang mengganjal
  • Batuk tak kunjung sembuh
  • Radang selaput lendir di tenggorokan
  • Timbul asma Susah tidur

Penyebab GERD

Penyakit GERD seperti yang dialami Maia Estianty disebabkan melemahnya atau kendurnya otot yang mengatur katup di bagian bawah esofagus. Sehingga, asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Dalam kondisi normal, katup ini dapat tertutup rapat setelah makanan dari mulut masuk ke perut.

GERD dapat disebabnya banyak hal. Inilah beberapa penyebab GERD seperti yang dialami Maia Estianty :

  • Tekanan pada perut, seperti yang dialami ibu hamil
  • Makanan tertentu, seperti tinggi lemak, pedas, susu, gorengan
  • Efek obat-obatan dari obat asma, tekanan darah tinggi, alergi, sampai obat penenang
  • Hernia hiatal atau bagian atas perut menonjol ke dalam diafragma dan menghalangi asupan makanan
  • Kegemukan
  • Gangguan jaringan ikat, seperti scleroderma

Ada juga beberapa faktor risiko yang dapat memperburuk kondisi GERD, seperti:

  • Merokok
  • Makan malam terlalu larut
  • Terlalu banyak makan
  • Mengonsumsi makanan pemicu GERD
  • Mengonsumsi minuman tertentu seperti kopi, susu, alkohol

Cara mengobati GERD

Melansir Web MD, dokter biasanya merekomendasikan penderita GERD untuk mengubah gaya hidup dan memperbaiki pola makan. Perawatan atau pengobatan bertujuan untuk mengurangi intensitas refluks atau menekan kerusakan pada lapisan esofagus akibat paparan asam lambung.

Umumnya, pasien GERD dianjurkan menghindari makanan dan minuman yang bisa memicu penyakit. Selain itu, penderita GERD juga disarankan untuk mengatur porsi makan atau makan dalam ukuran kecil. Kebiasaan makan sebelum tidur juga perlu diubah, paling tidak atur waktu dua hingga tiga jam sebelum tidur agar asam lambung di perut tidak naik.

Seiring dengan perubahan gaya hidup dan diet, dokter Anda juga akan merekomendasikan sejumlah obat. Beberapa obat yang diberikan bertujuan untuk menetralkan asam lambung di kerongkongan dan lambung. Namun, penggunaan obat ini wajib dikonsultasikan pada dokter. Pasalnya, penggunaan jangka panjang obat-obatan tertentu dapat memengaruhi kinerja ginjal.

Itulah penjelasan tentang penyakit GERD seperti yang dialami Maia Estianty beserta gejala dan cara mengobatinya. Jika sakit GERD berlanjut seperti yang dialami Maia Estianty, segera hubungi dokter.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru