Ciri-Cirinya Sama, Ini Cara Membedakan Sakit Punggung dengan Gejala Penyakit Ginjal

Senin, 28 Maret 2022 | 10:19 WIB Sumber: Kompas.com
Ciri-Cirinya Sama, Ini Cara Membedakan Sakit Punggung dengan Gejala Penyakit Ginjal

ILUSTRASI. Ciri-Cirinya Sama, Ini Cara Membedakan Sakit Punggung dengan Gejala Penyakit Ginjal


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ciri-ciri penyakit ginjal adalah mengalami rasa sakit pada bagian punggung. Namun, punggung juga bisa sakit karena hal tertentu. Lalu, bagaimana cara membedakan sakit punggung biasa dengan ciri-ciri penyakit ginjal?

Ginjal terletak di bagian belakang dan di bawah tulang rusuk. Oleh sebab itu, sulit untuk mengetahui apakah rasa sakit di daerah tersebut berasal dari punggung atau ginjal. Namun, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi sakit ginjal dan sakit punggung, salah satunya melalui gejala.

Perbedaan sakit ginjal dan sakit punggung

Dilansir dari Healthline, berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan sakit ginjal dan sakit punggung.

  • Cara mengidentifikasi sakit ginjal

Sakit ginjal paling sering disebabkan oleh infeksi ginjal atau batu di saluran yang keluar dari ginjal. Di mana rasa sakit itu berada? Nyeri ginjal terasa di panggul, yang merupakan area di kedua sisi tulang belakang, antara bagian bawah tulang rusuk dan pinggul. Biasanya, rasa sakit muncul di satu sisi tubuh, tetapi bisa juga terjadi di kedua sisi.

  • Jenis rasa sakit

Sakit ginjal biasanya terasa tajam jika disebabkan oleh batu ginjal, dan terasa tumpul jika memiliki infeksi. Rasa sakitnya tidak akan bertambah buruk dengan gerakan atau hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Jika memiliki batu ginjal, rasa sakitnya mungkin berfluktuasi saat batu bergerak.

Baca Juga: Sering Terjadi Usai Melahirkan Anak Pertama, Ini Cara Mengatasi Baby Blues

  • Sebaran rasa sakit

Terkadang, rasa sakit di ginjal menyebar hinga ke paha bagian dalam atau perut bagian bawah. Tingkat keparahan rasa sakit Sakit ginjal diklasifikasikan menurut tingkat keparahannya. Batu ginjal biasanya menyebabkan rasa sakit yang parah, sedangkan rasa sakit akibat infeksi biasanya lebih ringan.

  • Gejala penyerta

Jika memiliki infeksi ginjal atau batu ginjal, seseorang mungkin juga mengalami gejala sebagai berikut:

  • Demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Urin keruh atau gelap
  • Sering buang air kecil
  • Sakit saat buang air kecil
  • Infeksi di kandung kemih
  • Darah dalam urin
  • Batu ginjal kecil yang terlihat seperti kerikil di urin

Cara mengidentifikasi sakit punggung

Sakit punggung lebih umum daripada sakit ginjal dan biasanya disebabkan oleh masalah pada otot, tulang, atau saraf di punggung. Di mana rasa sakit itu berada?

Sakit punggung dapat terjadi di mana saja di punggung, tetapi paling sering di punggung bawah atau salah satu bokong. Jenis rasa sakit Saat sakit punggung, nyeri otot terasa seperti nyeri tumpul.

Jika saraf telah terluka atau teriritasi, rasa sakitnya menciptakan sensasi terbakar yang tajam yang dapat menjalar ke pantat hingga ke kaki bagian bawah. Nyeri otot dapat memengaruhi satu atau kedua sisi, tetapi nyeri saraf biasanya hanya memengaruhi satu sisi.

Sebaran rasa sakit Nyeri saraf dapat menyebar ke kaki bagian bawah, sedangkan nyeri dari otot biasanya menetap di punggung. Tingkat keparahan rasa sakit Sakit punggung digolongkan sebagai akut atau kronis berdasarkan berapa lama seseorang mengalaminya.

Nyeri akut berlangsung berhari-hari hingga berminggu-minggu, nyeri subakut berlangsung selama enam minggu hingga tiga bulan, dan nyeri kronis berlangsung lebih lama dari tiga bulan.

Gejala penyerta

Gejala lain yang mungkin dialami saat sakit punggung adalah:

  • Kejang otot di daerah yang menyakitkan
  • Mati rasa atau kelemahan pada satu atau kedua kaki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membedakan Sakit Ginjal dan Sakit Punggung",


Penulis : Lulu Lukyani
Editor : Lulu Lukyani

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru