Luar biasa! Buah ceri efektif mencegah dan mengobati asam urat tinggi

Senin, 09 Agustus 2021 | 17:00 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Luar biasa! Buah ceri efektif mencegah dan mengobati asam urat tinggi

ILUSTRASI. Ceri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam urat tinggi mulai banyak dikeluhkan oleh laki-laki dan perempuan yang menginjak usia 30 tahun. Ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi.  

Penyakit asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Salah satu gejala yang umum dirasakan penderita asam urat adalah rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki. 

Baca Juga: Asam lambung naik? Madu bisa meredakan asam lambung tinggi

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh. 

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju. 
 
Penyakit asam urat harus segera ditangani. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya. 

Opsi lainnya, penderita asam urat bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang berkhasiat menurunkan asam urat. 

Ceri mencegah dan mengobati asam urat tinggi 

Melansir dari Healthline.com, buah ceri baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

Dalam sebuah penelitian tahun 2011, mengonsumsi 8 ons jus ceri setiap hari selama empat minggu bisa menurunkan asam urat. 

Tidak hanya jus ceri, konsentrat ceri juga mampu menurunkan kadar asam urat. Sebuah penelitian menyebutkan ekstrak ceri lebih efektif menurunkan asam urat tinggi dibandingkan konsentrat delima. 

Penelitian lain menyebutkan makan 10 buah ceri segar per hari bisa mengurangi risiko serangan asam urat sampai 35%. Bahkan, kombinasi ceri dan allopurinol, obat asam urat bisa mengurangi risiko serangan asam urat sampai 75%. 

Kemanjuran buah ceri dalam menurunkan asam urat disebabkan, ceri mengandung anthocyanin yang memiliki sifat anti inflamasi. 

Sifat tersebut membuat buah ceri juga efektif meredakan pembengkakan yang terjadi akibat asam urat tinggi. 

Sayangnya, belum ada dosis standar konsumsi ceri untuk menurunkan asam urat tinggi. 

The Arthritis Foundation menyarankan untuk mengonsumsi segenggam ceri atau minum segelas jus ceri asam per hari untuk mengobati asam urat. 

Namun, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi ceri sebagai obat asam urat. 

Baca Juga: Duh asam urat naik lagi! Ini 8 minuman yang bisa menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: 3 Resep infused water yang efektif mengobati asam urat

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru