kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lindungi dari virus corona, anak usia di atas dua tahun sebaiknya gunakan masker


Sabtu, 29 Mei 2021 / 04:00 WIB
Lindungi dari virus corona, anak usia di atas dua tahun sebaiknya gunakan masker


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penularan virus Covid-19 tidak memandang usia, dari anak-anak hingga dewasa tetap harus mematuhi protokol kesehatan khususnya menggunakan masker saat keluar rumah.

dr. Bernie Endyarni Medise, Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Brawijaya mengatakan, sebaiknya anak di atas dua tahun sudah diajarkan menggunakan masker. Anak harus diberikan pengertian pentingnya masker dengan penjelasan yang sesuai dengan usianya.

"Kenapa demikian di atas dua tahun, karena anak di bawah dua tahun belum bisa mempertahankan menggunakan masker denganbaik dan benar sehingga akan lebih banyak bahayanya seperti kalau merasa sesak, mereka belum tentu bisa melepaskan maskernya sendiri. Selain itu, bisa juga tidak menggunakan masker sebagaimana mestinya seperti dimainkan," ujarnya kepada Kontan.co.id, Rabu (26/5).

Baca Juga: Epidemiolog: Masyarakat sebaiknya bawa masker cadangan ketika bepergian

Yang penting, menurut Bernie, pastikan anak menjaga jarak dengan orang di sekitarnya.

Mengenai masker yang baik untuk anak-anak, kata Bernie, ukuran harus sesuai dengan wajah anak. Masker harus menutui area hidup, mulut, hingga dagu. Sebaiknya masker dengan dua lapis dengan bagian tali ke telinga yang bisa diatur.

Saat ini, masih banyak anak-anak enggan menggunakan masker, lantas peran orang tua dianggap sangat penting untuk memberikan pengertian mengenai pentingnya pakai masker.

Kata Bernie, orang tua juga bisa mengajak anak berdiskusi tentang virus Covid-19 sesuai dengan usianya. "Semisal, saat ini banyak kuman jahat yang beredar dan bisa terhirup kita Oleh sebab itu, kita harus buat benteng pencegahan masuk ke saluran nafas dengan masker," ujarnya.

Selain itu, orang tua juga bisa membuat tampilan masker menjadi lebih menarik dengan gambar karakter yang disukai anak. Terakhir, pastikan masker terbuat dari bahan yang nyaman dan ukuran sesuai sehingga anak merasa nyaman.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: UPDATE Corona Indonesia, Jumat (28/5): Tambah 5.862 kasus, tetap pakai masker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×