kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lesti Kejora hamil setelah menikah, ini cara cepat hamil


Kamis, 09 Desember 2021 / 13:43 WIB
Lesti Kejora hamil setelah menikah, ini cara cepat hamil
ILUSTRASI. Lesti Kejora hamil setelah menikah, ini cara cepat hamil


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Belum lama ini, penyanyi dangdut Lesti Kejora hamil, tak lama setelah pernikahannya. Bagaimana cara cepat hamil agar setelah pernikahan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan momongan?

Simak cara cepat hamil berikut ini. Cara cepat hamil ini juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sudah lama menginginkan momongan.

Bagi sebagian pasangan, memiliki momongan atau anak merupakan hal yang dinanti-nantikan di dalam suatu keluarga. Apalagi jika pasangan tersebut telah merencanakan jauh-jauh hari untuk memiliki anak.

Namun, ada juga pasangan yang sudah merencanakan memiliki anak, namun tidak kunjung mendapat hasil yang memuaskan karena tidak memperhatikan tanggal masa kesuburan sang istri. Lantas, apa saja cara cepat hamil?

Dokter spesialis kandungan RSPI Puri Indah, dr Thomas Chayadi mengatakan, masa kesuburan merupakan masa di mana perempuan mulai menghasilkan sel telur di mana jika telur tersebut dibuahi maka akan menjadi calon bayi. Jika pada masa subur telur tidak dibuahi, maka sel telur akan luruh dari rahim dan dibuang melalui vagina. "Masa subur itu di mana perempuan mengeluarkan telur, itu telurnya bisa jadi benih atau dibuang, kalau masa subur sudah lewat akan meluruh," ujar Thomas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Terkait masa subur, Thomas menganjurkan agar calon ibu memperhatikan makanan yang dapat membantu cara cepat hamil:

Baca Juga: Wajib Anda coba, ini 6 cara mengatasi mual saat hamil

1. Konsumsi makro dan mikronutrien

Cara cepat hamil yang pertama adalah konsumsi makro dan mikronutrien. Makanan yang berpengaruh baik dalam terjadinya kehamilan harus mengandung makronutrien dan mikronutrien.

Thomas menjelaskan dua kandungan ini berperan penting dalam proses terjadinya kehamilan. "Orang yang akan menjalani masa kehamilan baiknya mengurangi makanan yang mengandung glikemik dan serat berlebih karena akan mengganggu terjadinya ovulasi," ujar dokter yang juga bekerja di RSIA Grand Family PIK, Jakarta, ini.

Ia juga menjelaskan, jika perempuan yang sering mengonsumsi kacang-kacangan dan diet protein yang seimbang maka akan berpengaruh baik dalam pembuahan. Kandungan makronutrien yang diperlukan, yakni karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara untuk mikronutrien terdiri dari asam folat, vitamin D, dan zat besi.

"Tiga peran ini dapat menangkal hal-hal yang dapat mengganggu proses perkembangan sel telur, seperti pembelahan sel yang kurang baik, peningkatan kadar stres oksidatif, dan kematian sel," katanya lagi.

2. Hindari obesitas

Cara cepat hamil yang kedua adalah menghindari obesitas. Banyak orang mencari jenis olahraga mengecilkan perut buncit dalam 1 minggu karena merasa tidak nyaman dengan lemak perut yang tampak berlebih. Sayangnya, tidak ada cara instan untuk mengecilkan perut buncit.

Selain itu, Thomas mengungkapkan bahwa jika ingin sukses dalam proses terjadinya pembuahan, maka sebaiknya pasangan menghindari lemak berlebih atau obesitas. "Perempuan obesitas berisiko 3 kali lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesuburan, penurunan kualitas sel telur, dan menurunkan kualitas embrio, serta meningkatkan risiko keguguran" kata dia.

Oleh karena itu, Thomas menyarankan agar perempuan dengan kelebihan berat badan harus memperbaiki status gizinya untuk mengembalikan fungsi kesuburan dan dampak buruk lainnya.

Tidak hanya berlaku untuk orang dengan kelebihan berat badan, sebaliknya, orang yang memiliki berat badan yang terlalu rendah atau terlalu kurus juga dapat menyebabkan terganggunya proses pembuahan.

3. Pengaruh hormon

Cara cepat hamil yang ketiga adalah perhatikan hormon. Di sisi lain, ada faktor yang dapat memengaruhi proses terjadinya pembuahan, yakni hormon. Thomas menyampaikan, apabila kita mengonsumsi makanan dengan makronutrien dan mikronutrien yang seimbang, maka akan berpengaruh juga pada penyeimbangan hormon, terutama hormon seks.

Hormon seks yang dimaksud antara lain, esterogen dan progesteron pada perempuan, dan testosteron pada laki-laki. "Misalnya jika si perempuan terlalu kurus dan kekurangan lemak, maka proses pembentukan hormon terutama hormon seks akan terganggu," kata dia.

"Sebab, kurus dan kekurangan lemak dan berpengaruh pada proses pembentukan hormon seks terganggu, maka keseluruhan hormon juga akan terganggu," lanjut dia.

Sementara itu, Thomas juga menyarankan kepada pasangan yang telah berhasil mengalami proses kehamilan, untuk perempuan disarankan agar menghindari makanan mentah atau tidak dimasak matang keseluruhan. Menurutnya, hal itu dikhawarirkan akan menyebabkan infeksi, misalnya infeksi tokso.

Itulah beragam cara cepat hamil yang bisa Anda coba agar bisa mengikuti jejak Lesti Kejora yang langsung hamil setelah punya pasangan sah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips untuk Mempercepat Kehamilan",


Penulis : Retia Kartika Dewi
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×