Lebih efektif tangkal corona, ini cara benar menggunakan masker ganda

Selasa, 02 Maret 2021 | 15:21 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Lebih efektif tangkal corona, ini cara benar menggunakan masker ganda

ILUSTRASI. Jemaat yang mengenakan masker bersembahyang dengan membakar hio saat ibadah Tahun Baru Imlek 2572 di Vihara Dharma Bhakti, kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (12/2/2021). (KONTAN/Fransiskus Simbolon)

KONTAN.CO.ID -  Penggunaan masker yang benar menjadi salah satu upaya pencegahan penularan virus corona. 

Dan baru-baru ini Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021, merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda. 

Dikutip dari laman Covid19.go.id, masker ganda adalah masker medis berlapis masker kain. 

Sebuah penelitian baru yang dilakukan di laboratorium, bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja. 

Lantas, bagaimana cara yang benar menggunakan masker ganda tersebut? 

Baca Juga: IDI menyebut sebanyak 21 persen penyintas alami long covid

Cara yang benar menggunakan masker ganda

Ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Di antaranya: 

  • Tidak boleh menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker. 
  • Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya. 
  • Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. 

Baca Juga: Wamenkes: 2 Kasus mutasi virus corona dari Inggris ditemukan di Indonesia

Baik masker kain atau masker medis dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. Berbagai cara itu, sepeti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah. 

Cara selanjutnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah, sehingga masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna. 

Dan perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus. Masyarakat juga diminta konsisten memakai masker saat bersama siapapun yang tidak tinggal bersama termasuk dalam rumah. 

https://covid19.go.id/berita/menggunakan-masker-yang-benar-cara-ampuh-menangkal-virus

Selanjutnya: ​Kenali risiko dan bahaya menggunakan masker berkalung

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru