kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lebih dari 73% Penderita Diabetes di Indonesia, Belum Terdiagnosa


Jumat, 26 April 2024 / 05:13 WIB
Lebih dari 73% Penderita Diabetes di Indonesia, Belum Terdiagnosa
ILUSTRASI. Roche berkolaborasi dengan Diabetes Innitiative Indonesia memberikan edukasi dan kesadaran soal diabetes.


Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Francisca bertha

KONTAN.CO.ID - Peduli terhadap pencegahan diabetes, Roche bekerja sama dengan Diabetes Initiative Indonesia meluncurkan program edukasi dan kesadaran bagi penyandang diabetes.

Diabetes adalah salah satu tantangan kesehatan terbesar di dunia saat ini. Federasi Diabetes Internasional memperkirakan bahwa 783 juta orang di seluruh dunia akan hidup dengan diabetes pada tahun 2045. Dari data tersebut tercatat 3 dari 4 orang dewasa berasal dari negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Pada tahun 2021, diperkirakan terdapat lebih dari 19,4 juta orang di Indonesia yang menderita diabetes. Yang mana lebih dari 73% di antaranya belum terdiagnosis. Sementara itu, kerugian langsung akibat diabetes di Indonesia juga diperkirakan mencapai hampir 0,4% PDB Indonesia dan 13,7% total biaya kesehatan Indonesia.

Baca Juga: Tips Agar Sehat & Panjang Umur, Sering-Sering Makan Buah dan Sayur Ini

PT Roche Indonesia (Roche) bermitra dengan Diabetes Initiative Indonesia, sebuah kelompok advokasi pasien yang berdedikasi untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya diabetes. Bentuk kerjasamanya adalah meluncurkan kamp manajemen diabetes bagi penyandang Tipe 1 dan Tipe 2 diabetes.

Program ini dimulai pada awal tahun 2024 dengan fokus utama manajemen diabetes adalah menjaga kadar gula darah dalam kisaran target. Di antaranya pemantauan glukosa darah yang terstruktur memberikan fondasi yang berharga dan dapat diakses untuk manajemen diabetes guna membantu individu dengan diabetes dalam mengelola target glikemik mereka.

Dr. Roy Panusuan Sibarani, Chief Officer dari Diabetes Initiative Indonesia mengatakan bahwa diabetes adalah masalah mendesak di Indonesia dan masih banyak yang harus dilakukan untuk memberikan dukungan yang dibutuhkan penyandang diabetes. Menjalin kemitraan dengan Roche Diabetes Care, pihaknya ingin membekali para penyandang diabetes dan perawat mereka dengan pengetahuan dan cara untuk mengelola kondisi kronis seumur hidup ini dan menjalani hidup mereka sepenuhnya.

Baca Juga: 4 Rutinitas Pagi Ini Dihindari, Sepanjang Hari Anda Hepi

Bryan Koh, Cluster Head of Asia Emerging Markets at Roche Diabetes Care mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang bergulat dengan meningkatnya prevalensi diabetes, ditambah dengan beragamnya aksesibilitas layanan kesehatan dan kesenjangan gaya hidup. Pemantauan gula darah yang terstruktur sangat penting dalam manajemen diabetes, namun mengumpulkan dan mengelola data ini dapat menjadi hal yang menakutkan bagi penyandang diabetes.

"Di Roche, kami bertujuan untuk memberikan solusi yang berpusat pada pasien untuk memberdayakan individu-individu ini dalam mengelola kondisi mereka, merasakan kesembuhan yang sesungguhnya, dan menjalani kehidupan yang normal dan sehat. Dengan menggabungkan teknologi dan pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi penyandang diabetes, kami berupaya memungkinkan mereka menavigasi pengelolaan diabetes sehari-hari dengan percaya diri," kata Bryan pada pemaparan seputar kampanye diabetes ini pada Kamis (25/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×