HOME

4 Rutinitas pagi ini dihindari, sepanjang hari Anda hepi

Senin, 22 Juni 2020 | 12:53 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
4 Rutinitas pagi ini dihindari, sepanjang hari Anda hepi

ILUSTRASI. Plank, salah satu jenis olahraga pagi rutinitas pagi yang baik untuk dijalani.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pernahkan Anda memperhatikan setelah tidur nyenyak dan terbangun dengan rasa puas, sepanjang hari urusan menjadi lancar? Atau sebaliknya, ketika Anda ribet di pagi hari, seluruh sisa hari terasa kacau? 

Cara kita memulai hari benar-benar menentukan nuansa selama sisa waktu terjaga dalam sehari.

Nah, tahukah Anda bahwa beberapa rutinitas pagi bakal membuat Anda merasa stres dan kacau sepanjang hari? Dr. Josh Axe, seorang dokter pengobatan alami sekaligus ahli gizi, berbagi tips perilaku bagi hari di situs runtastic.com

KONTAN.co,id, merangkumnya untuk Anda. Beberapa contoh kebiasaan buruk di pagi hari yang harus Anda lewatkan, sekaligus rutinitas pagi positif apa yang mesti Anda lakukan.

 

1. Hindari sarapan desert

Desert di sini bukan hanya mengacu pada makan kue keju atau kue, tetapi juga banyak makanan pokok yang dikemas dalam balutan gula dan karbohidrat. Memang makanan-makanan itu terasa lezat di lidah, tapi begitu kadar gula Anda yang naik cepat turun lagi, Anda akan mudah tersinggung dan kelaparan untuk menyantap lebih banyak makanan.

 

2. Usahakan tidak makan kalau tidak lapar

Kita dibesarkan dengan keyakinan bahwa sarapan adalah makanan terpenting dalam satu hari, dan sebagian oran percaya itu. Namun, sebagian orang lain memilih untuk tidak sarapan di pagi hari. Mereka beranggapan memaksa sarapan pagi lebih berbahaya daripada kebaikan yang mungkin dihasilkan.

Jika Anda termasuk kelompok yang kedua, alih-alih tidak sarapan pilihan yang lebih baik mungkin adalah puasa intermiten. Ada beberapa jenis puasa seperti ini, tetapi salah satu yang paling mudah adalah puasa dengan batasan waktu 16/8, Anda menahan diri untuk tidak makan selama 16 jam (biasanya pasca makan malam sampai makan siang) dan makan hanya selama 8 jam di siang hari .

Manfaat puasa intermiten termasuk penurunan berat badan (1), mengurangi peradangan (2), menjaga kesehatan jantung (3), dan menstabilkan gula darah (4).

 

3. Jangan lewatkan sesi latihan bagi 

Pagi memang bukan untuk semua orang. Tetapi jika Anda penggemar kebugaran malam -atau jika Anda tidak berolahraga sama sekali- mungkin perlu menyetel jam alarm bangun pagi.

Memompa darah Anda di pagi hari sebenarnya adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat energi tanpa perlu ngopi. Berkeringat di pagi hari bisa mengantar tidur tidur lebih dalam, kualitas lebih tinggi, pada malam harinya.

Selain itu, olahraga pagi membantu meningkatkan metabolisme karena membakar lebih banyak kalori sepanjang hari dan meningkatkan produktivitas. Anda juga lebih mungkin membuat pilihan yang lebih sehat saat makan jika Anda berolahraga pagi.

Agar bisa bangun pagi lebih mudah, cobalah kurangi beberapa elemen rutinitas pagi Anda dilakukan malam sebelumnya. Bekal untuk makan siang sudah disiapkan malam hari dan simpan di lemari es, siapkan pakaian olahraga, serta rampungkan persiapan lain. Meminimalkan tugas pagi berarti mendapatkan kesempatan lebih banyak melakukan latihan yang sangat penting itu.

 

4. Tidak mengawali hari dengan minuman manis

Kopi dengan satu atau dua percikan susu? Cara yang baik untuk memulai hari. Tetapi ketika minuman harian Anda mengandung banyak gula, krim, sirup, itu sama saja mengemas kalori tanpa menyadarinya.

Jika Anda masih membutuhkan kafein di pagi hari, pertimbangkan kopi hitam yang tidak diisi dengan kalori.

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru