Lambung luka? Ini penyebab, gejala, dan cara mengatasinya

Kamis, 28 Januari 2021 | 12:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Lambung luka? Ini penyebab, gejala, dan cara mengatasinya

ILUSTRASI. Salah satu gejala lambung luka adalah heartburn yang terasa di perut hingga dada.

KONTAN.CO.ID - Lambung luka atau tukak lambung adalah kondisi di mana lapisan pelindung lambung berkurang sehingga asam lambung bisa melukai organ pencernaan Anda.

Kondisi lambung luka memang bisa sembuh, tapi kondisinya bisa semakin parah jika tak ditangani dengan cara yang tepat.

Melansir dari Healthline, tukak lambung biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri bernama H. pylori. Selain itu, penggunaan jenis obat tertentu, seperti aspirin dan ibuprofen, bisa menyebabkan hal yang sama.

Meski jarang terjadi, kondisi bernama sindrom zollinger-ellison pun dapat menyebabkan luka di lambung Anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala tukak lambung.

Baca Juga: 5 Penyebab payudara nyeri sebelah kiri, tak hanya sakit jantung

Gejala lambung luka

Setiap orang mengalami gejala tukak lambung yang berbeda-beda. Namun, gejala umum yang dialami oleh banyak orang adalah munculnya sensasi terbakar atau heartburn.

Anda akan merasakan heartburn di perut bagian tengah hingga dada. Umumnya, heartburn akan semakin terasa parah saat perut Anda kosong.

Selain heartburn, masih banyak gejala lain yang perlu Anda waspadai. Mulai dari berat badan turun, mual, muntah, perut kembung, dan muntah yang disertai dengan darah.

Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut. Apalagi, jika Anda mengalami gejala yang lebih parah, seperti badan lemas, sesak napas, muntah darah, dan sakit perut parah yang datang secara tiba-tiba.

Baca Juga: Sederet manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh

Cara mengatasi lambung luka

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tukak lambung. Healthline merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan bergizi. Beberapa jenis makanan berguna untuk melawan infeksi bakteri H. pylori.

Jenis makanan itu adalah brokoli, kubis, bayam, kale, apel, minyak zaitun, bluberi, stroberi, dan yang mengandung probiotik. Selain itu, pastikan untuk menghindari makanan pedas dan asam karena bisa meningkatkan jumlah asam lambung.

Tak hanya itu, ada beberapa pencegahan yang bisa Anda lakukan supaya terhindar dari tukak lambung. Pertama, rajin cuci tangan memakai sabun dan air mengalir untuk mencegah infeksi bakteri. Kedua, pastikan kebersihan makanan dan alat makan terjaga.

Ketiga, hindari alkohol. Keempat, batasi konsumsi beberapa jenis obat yang berpengaruh pada kondisi lambung. Jika Anda memang membutuhkan jenis obat tersebut, konsultasikan pada dokter agar mendapat alternatif obat yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selanjutnya: 6 Manfaat temulawak sebagai obat herbal untuk maag sampai kolesterol

Editor: Belladina Biananda
Terbaru