Kesehatan Umum

5 Penyebab payudara nyeri sebelah kiri, tak hanya sakit jantung

Selasa, 19 Januari 2021 | 12:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Penyebab payudara nyeri sebelah kiri, tak hanya sakit jantung

ILUSTRASI. Ada banyak penyebab payudara nyeri sebelah kiri yang perlu Anda perhatikan.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab payudara nyeri sebelah kiri. Salah satu hal yang perlu Anda waspadai adalah sakit jantung.

Tiap orang mengalami gejala sakit jantung yang berbeda-beda. Ada yang merasakan sakit ringan, tapi ada pula yang merasakan sakit parah.

Biasanya, sakit jantung ditandai dengan nyeri dada, muncul rasa sakit di daerah leher, rahang, dan lengan kiri, sesak napas, mual, muntah, serta pingsan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter.

Meski demikian, tidak semua nyeri yang Anda rasakan di payudara kiri menjadi tanda sakit jantung. Rasa nyeri tersebut bisa disebabkan oleh hal lain, seperti kanker, gangguan pada paru-paru dan esofagus.

Kanker Payudara

Dikutip dari Very Well Health, kanker payudara di stadium awal biasanya tak menunjukkan gejala apa pun. Namun, hal berbeda dapat Anda rasakan jika Anda mengalami inflammatory breast cancer.

Kondisi tersebut terjadi karena kanker payudara. Umumnya, inflammatory breast cancer menyebabkan payudara bengkak, berwarna merah, dan muncul rasa sakit.

Jika Anda mengalami gejala tersebut dan gejala lain yang lebih parah, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Ini 11 makanan yang harus dihindari jika mengalami heartburn

Stres 

Stres bisa jadi salah satu penyebab payudara nyeri sebelah kiri.

Payudara nyeri sebelah kiri juga bisa disebabkan karena stres berlebih yang tak terkelola dengan baik, lo. Stres dan cemas mampu membuat otot di bawah payudara mengejang. Umumnya, rasa sakit tersebut berlangsung selama beberapa detik.

Namun, tak menutup kemungkinan kondisi itu bisa berlangsung selama beberapa hari. Tidak hanya terjadi di payudara sebelah kiri, kondisi tersebut juga bisa Anda rasakan pada payudara di sebelah kanan.

Gangguan pada esofagus

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah salah satu penyakit yang berisiko menyebabkan rasa nyeri di payudara. Penyebabnya, asam lambung yang kembali ke mulut menimbulkan sensasi terbakar.

Baca Juga: Perut kembung dan mual? Yuk, ketahui penyebab dan cara mengatasinya

Pneumonia

Bersumber dari Very Well Health, payudara nyeri sebelah kiri juga bisa disebabkan karena pneumonia.

Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Karena organ pernapasan itu terletak dekat dengan payudara, makan rasa nyeri pun bisa Anda rasakan.

Fibromyalgia

Fibromyalgia bisa menyebabkan rasa sakit di seluruh bagian tubuh. Meski demikian, rasa nyeri di payudara merupakan suatu kasus yang jarang terjadi. Kondisi tersebut dapat menyebabkan nyeri otot atau nyeri sendi.

Selanjutnya: ​6 Cara deteksi kanker payudara sejak dini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru