kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lagi Tren Puasa Intermiten: Ini Definisi dan 7 Manfaatnya


Kamis, 09 November 2023 / 05:00 WIB
Lagi Tren Puasa Intermiten: Ini Definisi dan 7 Manfaatnya
ILUSTRASI. Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwa puasa intermiten dapat memberikan manfaat yang kuat bagi tubuh dan otak seseorang.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Puasa intermiten menjadi tren beberapa waktu belakangan. 

Bagi Anda yang belum tahu, puasa intermiten merupakan sebuah pola makan di mana seseorang melakukan siklus secara rutin antara periode makan dan periode puasa.

Sejumlah penelitian menunjukkan, bahwa puasa intermiten dapat memberikan manfaat yang kuat bagi tubuh dan otak seseorang.

Manfaat lain dari puasa intermiten adalah sebagai salah satu cara yang sehat untuk menurunkan berat badan. 

Pengertian puasa intermiten

Melansir Stylecraze, puasa intermiten merupakan proses makan dan puasa secara bergantian. Dengan melakukan puasa intermiten, hal ini akan membantu membatasi konsumsi kalori dalam tubuh. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, puasa intermiten terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan. 

Cara melakukan puasa intermiten

Untuk melakukan puasa intermiten, ada lima aturan yang harus dilakukan:

1. Tidak ada pelarangan kalori dalam puasa intermiten. Akan tetapi, Anda bisa dengan mudah mengonsumsi kalori lebih sedikit dengan membagi makanan yang dikonsumsi menjadi enam kali makan dalam sehari. 

Baca Juga: Penyebab Anak Step saat Demam dan Cara Mengatasinya, Orangtua Wajib Tahu!

2. Cek ombak terlebih dulu. Puasa enam jam dulu dalam sehari. Kemudian, Anda bisa meningkatkan waktu puasa secara bertahap. Lakukan puasa satu atau dua kali dalam seminggu, sebelum melakukan puasa intermiten setiap hari. 

3. Sebaiknya jadwalkan fase puasa Anda sedemikian rupa sehingga Anda bisa mendapatkan 7 jam tidur selama waktu tersebut. Tidurlah 3-4 jam setelah makan besar. Dengan demikian, Anda sudah memasuki 11 jam puasa. Tunggu selama 1-4 jam (tergantung jenis puasa intermiten yang Anda lakukan), dan Anda sudah berhasil berpuasa intermiten.

4. Cukup minum air, sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi. 

5. Sebelum melakukan puasa intermiten, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi Anda. Jika mereka memperbolehkan Anda untuk melakukan puasa intermiten, lanjutkan. 

Manfaat puasa intermiten

Mengutip Healthline, berikut adalah manfaat dari puasa intermiten:

1. Perubahan fungsi hormon, sel, dan gen

Ketika Anda tidak makan untuk sementara waktu, ada beberapa hal yang terjadi di tubuh Anda.

Misalnya, tubuh Anda mengubah kadar hormon untuk membuat simpanan lemak tubuh lebih mudah diakses dan memulai proses perbaikan sel yang penting.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria dan Wanita, Cek Ramuan Pengecil Lemak Perut




TERBARU

[X]
×