kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurangi dari hari ini, berikut daftar makanan minuman membahayakan kesehatan jantung


Senin, 21 Juni 2021 / 10:01 WIB
Kurangi dari hari ini, berikut daftar makanan minuman membahayakan kesehatan jantung
ILUSTRASI. Ayam goreng tepung, salah satu makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan jantung


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada atlet yang rutin olahraga. Selain faktor keturunan, penyakit dan serangan jantung bisa terjadi karena faktor makanan. Hindari sejumlah makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan dan menjadi faktor penyebab serangan jantung.

Belum lama ini, Christian Eriksen, pemain sepakbola tim nasional Denmark, ambruk saat pertandingan melawan Finlandia akibat mengalami henti jantung. Eriksen selamat dari serangan jantung tersebut. Namun, mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Markis Kido yang juga mengalami serangan jantung tidak bisa selamat.

Kita harus selalu berupaya menjaga kesehatan jantung sedari dini agar fungsinya tetap terjaga. Cara terbaiknya yakni dengan menjaga pola hidup sehat termasuk jenis asupan yang dikonsumsi.

Berikut beberapa daftar makanan dan minuman yang harus dihindari karena membahayakan kesehatan jantung

Daging merah

Makanan pertama yang bisa membahayakan kesehatan jantung adalah daging merah. Kebiasaan konsumsi daging merah seperti sapi, domba dan babi terlalu sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Meski rasanya lezat, jenis pangan itu tinggi lemak jenus yang dapat meningkatkan kolestrol.

Penelitian terbaru juga menunjukkan bagaimana bakteri usus memproses bagian dari daging yang disebut L-carnitine. Ada baiknya mengurangi porsi makan jenis daging ini dan cari alternatif yang lebih sehat dan bebas lemak. Misalnya daging sapi bulat, sirloin, dan daging giling ekstra.

Baca juga: Waspada serangan jantung, ini cara pencegahan dan penanganan pertamanya

  • Softdrink

Minuman kedua yang bisa membahayakan kesehatan jantung adalah softdrink. Minuman bersoda terasa menyegarkan apalagi ketika dinikmati ketika udara sedang panas.

Sayangnya, soda kalengan mengandung kadar gula tinggi, jauh di atas rekomendasi konsumsi per hari. Penikmat minuman ini akan cenderung mengalami kenaikan berat badan, obesitas, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Jika sulit berhenti minum softdrink, bisa mencoba minuman berkarbonasi tanpa pemanis tambahan.

  • Cake

Makanan kedua yang bisa membahayakan kesehatan jantung adalah cake. Kudapan berupa cookies, cake, dan muffin juga berdampak buruk pada kesehatan jantung. Beberapa alasannya yakni kadar gula tambahan dan trigliserida yang tinggi yang dapat meningkatkan risiko gangguan jantung.

Tepung menjadi bahan utamanya juga dapat menyebabkan gula darah dan membuat kita lebih mudah lapar. Cobalah membuat kue dengan resep yang lebih sehat dengan menggunakan tepung gandung utuh, sugar trim dan minyak nabati sebagai pengganti mentega atau butter.

Simak daftar makanan dan minuman yang membahayakan kesehatan jantung di halaman selanjutnya




TERBARU

[X]
×