kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kopi bisa digunakan untuk deteksi virus corona, ini caranya


Senin, 21 Desember 2020 / 07:50 WIB
Kopi bisa digunakan untuk deteksi virus corona, ini caranya
ILUSTRASI. Kopi bisa digunakan untuk deteksi virus corona, ini caranya. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/10/05/26


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Setelah mendapatkan banyak pujian karena aromanya yang kuat dan dapat meningkatkan fungsi saraf, kopi memiliki banyak manfaat medis. Terbaru, kopi bisa menjadi alat deteksi gejala corona.

Sebuah tinjauan pada literatur ilmiah DCN menyebut, kopi dapat digunakan sebagai barometer atau alat untuk mendeteksi timbulnya infeksi virus corona. Di sisi lain, Centers for Disease Control (CDC) Amerika Serikat sudah mencantumkan hilangnya indera penciuman atau anosmia sebagai salah satu gejala paling umum dari Covid-19.

Dalam studi terbaru , 50-80 persen orang yang positif terkena virus corona, kemampuan penciumannya pun berkurang. Kabar baiknya, kebanyakan orang yang menderita anosmia karena virus corona pada akhirnya bisa memulihkan indera pengecap dan penciuman sepenuhnya dalam waktu sekitar 14 hari.

Mengingat prevalensi anosmia di antara pembawa virus corona sangat tinggi, beberapa dokter mendesak orang-orang untuk mulai mencium aroma kopi. "Salah satu hal yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, secara obyektif oleh seseorang di rumah adalah dengan mengambil kopi bubuk, dan melihat seberapa jauh kita masih bisa mencium aromanya."

Baca juga: Tips menyembuhkan kemampuan indera penciuman setelah terkena Covid-19

Demikian dikatakan Profesor James Schwob dari Fakultas Kedokteran Tufts University di Massachusetts, Amerika Serikat. "Atau, lakukan hal yang sama dengan alkohol atau sampo yang kita punya. Jika hidung tidak tersumbat, tapi kita kesulitan mengenal aroma lain, mungkin kita harus segera melakukan tes," kata dia.

Direktur Smell and Taste Center di Fakultas Kedokteran Pennsylvania University, Richard Doty memberikan penjelasannya. Menurut dia, jika kita menemukan kopi tidak memiliki rasa dan cokelat tidak memiliki rasa selain pahit atau manis, maka kita telah kehilangan penciuman. "Saat kita mengunyah makanan, molekul naik melalui tepi rongga hidung untuk mencapai reseptor penciuman di bagian atas hidung."

"Oleh karena itu, hal-hal seperti kopi dan cokelat tidak memiliki 'rasa'," ujar dia. Peneliti menerapkan metode ini pada skala yang lebih ketat, menggunakan kopi dalam tes olfaktorius untuk penciuman.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×