Konsumsi vitamin C secara rutin bisa meningkatkan kepadatan tulang, benarkah?

Jumat, 10 September 2021 | 17:52 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Konsumsi vitamin C secara rutin bisa meningkatkan kepadatan tulang, benarkah?

ILUSTRASI. Kesehatan tulang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vitamin C tidak hanya berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebuah penelitian menyatakan vitamin C bisa meningkatkan kepadatan tulang.  

Tubuh manusia membutuhkan vitamin C untuk beberapa alasan salah satunya adalah memproduksi kolagen. Sekedar info, kolagen merupakan zat yang membentuk jaringan ikat tubuh, termasuk tulang. 

Baca Juga: Cari obat radang sendi? Konsumsi 5 bahan alami ini, yuk

Sebelumnya, para ilmuwan melihat adanya hubungan antara vitamin C dengan perkembangan tulang. Namun, mereka belum yakin vitamin C akan membantu meningkatkan kepadatan tulang atau tidak. 

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bone and Mineral Research, para peneliti California telah menemukan bahwa vitamin memang bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang. 

Mereka mengamati hampir 1.000 perempuan pascamenopause, sekitar sepertiganya mengonsumsi vitamin C secara teratur dengan dosis sekitar 70 mg, 500 mg, 1000 mg per hari. 

Hasilnya, perempuan yang mengonsumsi vitamin C memiliki kepadaran mineral tulang sekitar 3% lebih tinggi daripada lainnya. 

Perempuan yang diberikan suplemen vitamin C lebih cenderung menggunakan esterogen dan mengonsumsi suplemen kalsium dan multivitamin. 

Kombinasi konsumsi esterogen, kalsium, dan vitamin C bisa menghasilkan kepadatan tulang tertinggi di keempat bagian tubuh. 

"Seseorang yang berisiko perlu melakukan strategi pencegahan," kata Diane L. Schneider, MD, Profesor Kedokteran Universitas California, San Diego. 

"Perbedaan siginifikan terlihat pada orang yang mengonsumsi vitamin C saja, di bagian pinggul," tambahnya. 

Asal tahu saja, durasi waktu konsumsi vitamin C tidak mempengaruhi tingkat kepadatan tulang. Namun, dosis vitamin C lah yang bisa meningkatkan kepadatan tulang. 

Perempuan yang mengonsumsi sekitar 1000 mg atau lebih memiliki tingkat kepadatan mineral tulang tertinggi. 

Lawrence Raisz, Profesor Kedokteran Pusat Ilmu Kesehatan Universitas Connecticut, Farmington mengatakan seseorang yang mengonsumsi vitamin C memiliki tingkat kesadaran yang berbeda. 

Mereka cenderung menjaga pola makan, lebih aktif secara fisik, dan memperhatikan semua aspek kesehatannya. 

"Mereka mungkin lebih patuh dengan pengobatan mereka, seperti menjadi lebih sesuai dengan kalsium dan esterogen mereka. Orang yang mematuhi dalam sebuah penelitian cenderung lebih sehat," tambahnya. 

Vitamin C saja tidak bisa menggantikan terapi esterigen dan suplemen kalsium, tetapi tampaknya meningatkan efeknya jelas Schneider. 

"Kami tidak bisa menentukan dosis optimal dari penelitian ini," katanya. "Tetapi individu yang mengonsumsi satu gram sehari memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari itu," tambahnya. 

Raisz merasa masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan vitamin C dengan tingkat kepadatan tulang. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kecipir yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Selanjutnya: Banyak diderita perempuan, ini 5 cara mudah mencegah kanker payudara

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru