kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumsi secara rutin! 5 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan Anak


Jumat, 02 Juni 2023 / 14:00 WIB
Konsumsi secara rutin! 5 Makanan yang Bisa Menambah Tinggi Badan Anak


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

MENAMBAH TINGGI BADAN ANAK - Mengatur pola makan bisa membuat anak tumbuh tinggi. Ini lima makanan yang bisa menambah tinggi badan anak. 

Tinggi badan seseorang ditentukan 80% oleh faktor genetika. Namun, berdasarkan penelitian faktor lingkungan seperti nutrisi dan gaya hidup bisa mempengaruhi tinggi badan di masa pertumbuhannya. 

Baca Juga: Sayuran Ini Efektif Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah Tinggi

Mengutip dari Style Craze, tinggi badan adalah faktor yang tidak bisa dimodifikasi dan tinggi badan anak sebagian besar bergantung pada tinggi badan orang tua. 

"Anak-anak bisa menjadi lebih tinggi secara alami dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang kaya akan kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin D," kata Jesse Feder, Ahli Diet Klinis, Memorial Regional Hospital. 

Anak-anak cenderung tumbuh dengan cepat dan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit meningkat antara 6-8 tahun. Sekitar 25% pertumbuhan tinggi badan terjadi selama masa pubertas. 

Dua hormon berkontribusi terhadap hal ini yakni Human Growth Hormone (HGH) dan Insulin-like Growth Factor-1 (IGF-1) yang menentukan pertumbuhan tulang longitudinal dan mempertahankan massa tulang. 

Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tidak hanya merangsang produksi hormon pertumbuhan tapi juga membantu pertumbuhan tulang. 

Berikut lima makanan yang bisa membantu menambah tinggi badan anak: 

1. Telur 

Telur merupakan sumber protein, riboflavin, biotin, dan zat besi. Protein membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. 

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak kurang gizi yang diberi makan dengan diet tinggi protein selama beberapa waktu menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang diberi makan dengan protein standar. 

Putih telur juga sumber protein terkonsentrasi.

2. Susu dan produk susu 

Susu mengandung kalsium dan protein yang membantu pertumbuhan tulang dan menambah kekuatannya. 

Produk susu seperti keju, yogurt, dan keju cottage kaya akan kalsium dan vitamin yang penting untuk mineralisasi tulang pada anak-anak. 

Anda biasakan anak-anak untuk minum susu setiap hari atau buatkan makanan yang menggunakan bahan dasar susu atau produk susu. 

3. Kedelai 

Kedelai kaya akan protein yang bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang yang optimal. 

4. Daging ayam 

Dagging unggas merupakan sumber protein yang baik. Selain itu, daging unggas juga mengandung vitamin B, B6, dan asam pantotenat.

Kajian terhadap pertumbuhan fisik anak usia dini yang termasuk kelompok berpenghasilan rendah menunjukkan bahwa diperlukan protein hewani berkualitas untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan. 

5. Sayuran bedaun hijau 

Sayuran berdaun hijau mengandung kalsium yang menyeimbangkan resorpsi tulang (penguraian jaringan dalam tulang untuk melepaskan mineral) dan pengendapan (pembentukan jaringan dalam tulang dengan pengendapan mineral) yang bervariasi menurut usia. 

Pada anak-anak dan remaja, pembentukan tulang lebih dari sekedar resorpsi yang mendukung pertumbuhan tulang. 

Baca Juga: 5 Tanda Tubuh Kekurangan Magnesium, Otot lemah Sampai Mood Berantakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×