Konsumsi makanan ini, bisa untuk menghilangkan nyeri haid

Kamis, 26 Agustus 2021 | 15:08 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Konsumsi makanan ini, bisa untuk menghilangkan nyeri haid

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi sebagian wanita, menstruasi jadi salah satu kondisi yang menyebalkan. Tak hanya membuat mood berubah, perut kembung dan rasa nyeri juga muncul karena hal itu. Supaya kondisi tubuh Anda tak memburuk, beberapa cara menghilangkan nyeri haid perlu dicoba.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum lebih banyak air putih. Mengutip dari Insider (insider.com), minum air putih juga bisa mengatasi perut kembung akibat menstruasi. Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Mulai dari semangka, timun, buah beri, dan lain sebagainya. Mengonsumsi minuman hangat juga dapat Anda coba supaya efeknya lebih terasa. Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh, masih banyak cara lain yang bisa Anda praktikkan.

Namun, jika nyeri haid tak kunjung hilang meski cara-cara ini sudah Anda lakukan, segera periksakan diri ke dokter. Terlebih jika Anda mengalami kondisi lain, misalnya siklus menstruasi tak teratur, warna darah haid terlalu gelap, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Organ Intim Wanita Dengan Makanan Ini

Sayuran Hijau

Mengonsumsi sayuran hijau bisa jadi salah satu cara menghilangkan nyeri haid, lo. Saat menstruasi, ada banyak darah yang keluar dari tubuh. Hal itu bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak zat besi. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi sayuran yang mengandung banyak zat besi dan nutrisi bergizi lainnya.

Kalsium

Selain zat besi, mengonsumsi kalsium juga penting untuk Anda lakukan saat siklus haid berlangsung. Menurut sebuah penelitian, asupan nutrisi itu mampu meredakan nyeri haid dan mengatasi PMS yang lain, contohnya perubahan mood.

Telur

Supaya nyeri haid berkurang, tak ada salahnya untuk mengonsumsi beberapa telur. Telur mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat menstruasi. Mulai dari vitamin B6, vitamin E, vitamin D, protein, dan nutrisi-nutrisi yang lain.

Baca Juga: Hati-hati! 6 Faktor ini jadi penyebab kanker serviks

Cokelat Hitam

Jika Anda mencari cara menghilangkan nyeri haid, maka tak ada salahnya untuk makan cokelat hitam. Jenis makanan itu mengandung serat dan magnesium yang baik untuk tubuh. Namun, usahakan untuk mengonsumsi cokelat hitam yang terbuat dari 85% cocoa, ya.

Jahe

Salah satu cara menghilangkan nyeri haid adalah dengan mengonsumsi jahe.

Bukan lagi jadi rahasia jika jahe bisa meredakan nyeri haid. Melansir Insider, kandungan dalam jahe efektif mengontrol gas sehingga perut kembung karena menstruasi dapat teratasi. Selain digunakan untuk meredakan nyeri haid, jahe juga mampu meredakan mual.

Selanjutnya: 5 Macam Gangguan Menstruasi yang Harus Anda Waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru