Kisah relawan LaporCovid-19 dan PMI DKI Jakarta berjibaku saat pandemi

Kamis, 12 Agustus 2021 | 10:30 WIB   Reporter: Filemon Agung
Kisah relawan LaporCovid-19 dan PMI DKI Jakarta berjibaku saat pandemi


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya penanganan pandemi Covid-19 yang berlangsung lebih dari satu tahun di Indonesia tak hanya dilakukan pemerintah. Sejak awal pandemi, tercatat banyak kelompok relawan yang terlibat aktif mendorong penanganan pandemi dengan beragam peran, salah satunya LaporCovid-19.

Kelompok yang dibentuk sekelompok individu pada awal Maret 2020 ini berfokus pada perhatian terhadap hak asasi warga dan masalah kesehatan masyarakat terkait pandemi Covid-19.

Salah satu relawan LaporCovid-19, Yemiko Happy mengungkapkan, keberpihakan kepada masyarakat jadi fokus tim LaporCovid-19. Dalam perjalanannya, tim relawan tetap berupaya menjaga netralitas dan independensi agar tak jatuh dalam spektrum politik tertentu.

Dia mengungkapkan, sejumlah masukan dan usulan terus diberikan kepada pemangku kepentingan demi memastikan jalannya penanganan pandemi Covid-19 juga tetap memperhatikan masyarakat.

Baca Juga: Bila sudah vaksinasi Covid-19 tapi sertifikat belum muncul, ini jalan keluarnya

"Beberapa kali audiensi kasih masukan tapi jarang dihiraukan. Keberpihakan ke masyarakat yang utama," ungkap Yemiko kepada Kontan.co.id, Rabu (11/8).

Dia pun memastikan, relawan LaporCovid-19 juga terus berupaya menjaga konsistensi untuk tetap dapat memberikan masukan kepada pemerintah untuk setiap hal yang berkaitan dengan pandemi Covid-19.

Ia mengisahkan, upaya memfasilitasi masyarakat tak jarang membawa para relawan masuk ke dalam situasi dilematika moral. Terutama jika masyarakat yang dibantu pada akhirnya harus menghembuskan nafas terakhir akibat tak menemukan layanan Rumah Sakit.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru