kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Khasiat Daun & Buah Mengkudu, Untuk Kesehatan Kulit Hingga Cegah Kanker


Selasa, 13 Desember 2022 / 06:42 WIB
Khasiat Daun & Buah Mengkudu, Untuk Kesehatan Kulit Hingga Cegah Kanker
ILUSTRASI. Khasiat Daun & Buah Mengkudu, Untuk Kesehatan Kulit Hingga Cegah Kanker


Sumber: KONTAN.co.id,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak khasiat daun dan buah mengkudu untuk kesehatan. Selain buahnya, daun mengkudu juga memiliki khasiat yang besar bagi kesehatan.

Sudah banyak orang mengetahui khasiat buah mengkudu. Namun, khasiat daun mengkudu untuk kesehatan belum banyak diketahui.

Padahal, baik buah dan daun mengkudu memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan. Khasiat daun mengkudu untuk kesehatan sayang dilewatkan karena tanaman ini mudah didapatkan.

Dilansir dari Kompas.com, mengkudu adalah tanaman tropis dengan nama ilmiah Morinda citrifolia. Mengkudu adalah tanaman yang banyak tumbuh di tanah Indonesia.

Laman Specialty Produce menuliskan daun mengkudu memiliki khasiat besar untuk kesehatan. Caranya, daun mengkudu harus dikeringkan dan dijadikan teh.

Teh daun mengkudu mirip dengan teh hijau yang ringan dan bercita rasa seperti kakao. Di Tonga, khasiat daun mengkudu digunakan untuk mengobati luka dan memar. Sementara di Hawaii dan Tahiti, khasiat daun mengkudu diklaim berefek positif pada radang sendi, infeksi, diabetes, dan hipertensi.

Baca Juga: Meski Punya Aroma Tak Sedap, Kenali 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Di belahan bumi lain, tepatnya di China, khasiat daun mengkudu yang dipanaskan dan dioleskan ke dada dipercaya membantu mengobati batuk. Lantas, apa saja khasiat daun mengkudu?

Berikut sejumlah khasiat daun mengkudu, seperti dihimpun dari Kompas.com:

1. Mencegah kanker

Khasiat daun mengkudu yang pertama adalah untuk mencegah kanker. Dikutip dari laman Livestrong, khasiat teh daun mengkudu dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Khasiat daun mengkudu ini berasal dari senyawa xeronine yang dapat meningkatkan regenerasi struktur sel.

Selain itu, daun ini juga mengandung sejumlah senyawa yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan kanker dengan merangsang sel darah putih. American Cancer Society melaporkan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Namun, beberapa studi menunjukkan adanya hubungan senyawa dalam daun mengkudu dengan pembentukan tumor atau kanker.

2. Meningkatkan kesehatan kulit

Khasiat daun mengkudu yang kedua adalah meningkatkan kesehatan kulit. Konsumsi teh daun mengkudu dapat berkhasiat bagi kesehatan kulit.

Hal ini lantaran kandungan antioksidan seperti selenium yang membantu meningkatkan elastisitas kulit. Bukan hanya itu, selenium juga membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

National Institutes of Health Office of Dietary Supplements mengungkapkan, selenium bersama dengan protein dalam tubuh membentuk selenoprotein. Selenoprotein ini dapat mencegah kerusakan sel tubuh, termasuk sel kulit akibat radikal bebas.

3. Mengatasi gangguan pencernaan

Khasiat daun mengkudu yang ketiga adalah mengatasi gangguan pencernaan. Sebab, ekstrak mengkudu memicu reseptor serotonin, senyawa yang ditemukan di otak dan lapisan saluran pencernaan.

Serotonin berfungsi mengatur pencernaan, sehingga teh daun ini berkhasiat dalam mengobati gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah, cacingan, dan keracunan makanan.

4. Mencegah infeksi bakteri

Khasiat daun mengkudu yang keempat adalah mencegah mencegah infeksi bakteri. Menurut penelitian di Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI) pada 2019, ekstrak daun mengkudu memiliki khasiat mampu menghambat bakteri Salmonella typhimurium.

Bakteri Salmonella typhimurium merupakan penyebab beragam masalah pencernaan, termasuk diare, muntah, dan kram perut. khasiat daun mengkudu ini diperoleh dari kandungan senyawa aktif fenol, flavonoid, tanin, saponin, steroid, dan triterpenoid.

Selain itu, berdasarkan penelitian dari Universitas Udayana pada 2013, perasan daun mengkudu juga terbukti memiliki khasiat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia Coli secara in vitro. Escherichia Coli sendiri menjadi biang dari diare, muntah, dan infeksi saluran pencernaan lain.

Kandungan buah mengkudu 

Siapa sangka dibalik penampilan yang tidak menarik buah mengkudu mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. 

Mengutip dari buku Atlas Tumbuhan Obat Indonesia karya Setiawan Dalimartha, buah mengkudu mengandung banyak senyawa aktif diantaranya alkaloid, polysaccharide, coumarin, linoleic, dan sterol. 

Selain itu, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten. 

Buah mengkudu bersifat astringen, menghilangkap lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demamm antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik.

Hal inilah yang membuat buah mengkudu mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat buah mengkudu untuk kesehatan 

Bagian tanaman mengkudu yang paling sering dijadikan obat herbal adalah buahnya. Umumnya, buah mengkudu dikonsumsi dengan cara diparut kemudian diperas. Sari buah mengkudu diminum dengan takaran yang disesuaikan penyakit yang diidap.

Berikut khasiat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh 

1. Darah tinggi 

Khasiat buah mengkudu yang pertama adalah untuk obat darah tinggi. Mengutip dari situs resmi Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat skopoletin yang berfungsi mengatur tekanan darah.

Penderita tekanan darah tinggi tidak boleh asal mengonsumsi buah mengkudu bila ingin menurunkan tekanan darahnya.

Berikut bahan dan cara membuat ramuan buah mengkudu yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. 

  • Tiga buah mengkudu 
  • 110 ml air matang

 Anda parut ketiga buah mengkudu tersebut. Kemudian, Anda seduh parutan buah mengkudu dengan air matang dan saring. Anda minum air buah mengkudu tersebut satu kali sehari dan ulangi selama tujuh hari. 

2. Imunitas tubuh 

Khasiat buah mengkudu yang kedua adalah untuk meningkatkan imunitas tubuh. Buah mengkudu mengandung polisakarida yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan kerja sel darah putih.

3. Diare 

Buah mengkudu juga berkhasiat sebagai obat herbal diare. Buah mengkudu mengandung scopoletin yang mampu menghambat aktivitas E.coli

4. Asam urat 

Khasiat buah mengkudu yang keempat adalah obat asam urat. Sebab, buah mengkudu memproduksi senyawa yang mampu menghambat enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat muncul. 

Umumnya, buah mengkudu diolah menjadi jus kemudian diminum untuk mengobati asam urat. 

Meski mempunyai banyak khasiat baik untuk kesehatan, buah mengkudu yang diolah menjadi jus tidak boleh diberikan kepada penderita gagak ginjal kornik. Sebab, jus buah mengkudu bisa meningkatkan jumlah kalium di dalam darah.

Itulah sejumlah khasiat buah dan daun mengkudu yang sayang dilewatkan. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×