kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketahui Penyebab beserta 6 Cara Mengatasi Sering Sendawa


Sabtu, 30 September 2023 / 09:15 WIB
Ketahui Penyebab beserta 6 Cara Mengatasi Sering Sendawa


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip cara mengatasi sering sendawa sekaligus ketahui penyebabnya. Setiap orang tentu pernah mengalami mudahnya keluar angin dari kerongkongan.

Sendawa merupakan mekanisme alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan.

Udara yang terperangkap di perut dapat berasal dari beberapa sumber, termasuk udara yang tertelan saat makan atau minum. Bahkan, gas ini dihasilkan oleh bakteri dalam saluran pencernaan saat mencerna makanan, atau gas yang dihasilkan oleh reaksi kimia dalam lambung.

Proses sendawa biasanya tidak menimbulkan masalah serius dan merupakan bagian normal dari proses pencernaan. Namun, jika sendawa menjadi terlalu sering atau terkait dengan gejala lain yang mengganggu, seperti nyeri perut yang berkepanjangan, kembung, 

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

Cara mengatasi terlalu sering sendawa

Sering sendawa adalah kondisi di mana udara atau gas yang terperangkap dalam saluran pencernaan keluar melalui mulut dengan bunyi yang khas.

Penyebab sering sendawa

Berikut ini adalah beberapa penyebab umum sering sendawa:

  • Menelan Udara: Kondisi menelan udara secara tidak sengaja saat makan atau minum dengan terburu-buru, mengunyah permen karet, mengisap melalui sedotan, atau menghisap rokok dapat menyebabkan penumpukan udara di perut yang kemudian keluar dalam bentuk sendawa.
  • Konsumsi Makanan atau Minuman Berkarbonasi: Minuman berkarbonasi seperti soda, minuman bersoda, atau bir dapat menyebabkan peningkatan produksi gas dalam perut dan menyebabkan seringnya sendawa.
  • Mengonsumsi Makanan yang Memicu Produksi Gas: Beberapa jenis makanan seperti kacang-kacangan, kol, brokoli, bawang, kembang kol, atau makanan pedas dapat menyebabkan produksi gas yang lebih tinggi dalam saluran pencernaan.
  • Gangguan Pencernaan: Beberapa kondisi medis seperti dispepsia (gangguan pencernaan), gastritis (peradangan pada lambung), GERD (refluks asam lambung), atau penyakit celiac dapat menyebabkan seringnya sendawa.

Untuk mengatasi sering sendawa, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dicoba dilansir dari Mayoclinic.

Baca Juga: Ini 7 Daftar Makanan Penyebab Sembelit yang Wajib Dibatasi

Cara mengatasi sering sendawa

1. Makan dengan perlahan

Salah satu penyebab dari sering sendawa adalah makan dengan cepat. Anda bisa memulai makan secara perlahan untuk menghindari makanan yang diketahui menyebabkan produksi gas berlebih.

Pastikan Anda bisa menghindari mengunyah permen karet atau mengisap melalui sedotan.

2. Hindari minuman soda

Selain itu, masalah minuman bersoda bisa dengan mudah memicu gas berlebih yang menjadi penyebab sendawa.

Anda bisa mengatur dan menghindari minuman berkarbonasi seperti soda, minuman bersoda, atau bir dapat membantu mengurangi produksi gas.

3. Hindari makanan pemicu gas

Selain soda, Anda bisa memilah makanan yang bisa menjadi sumber dan pemicu gas pada lambung. Apabila Anda menyadari bahwa makanan tertentu memicu seringnya sendawa, hindarilah makanan atau konsumsilah dengan porsi yang lebih kecil.

Makanan pedas tentu menjadi salah satu makanan yang sulit dicerna di lambung sehingga memicu sendawa setelah memakannya.

4. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk seperti mengunyah permen karet, mengisap rokok, atau menghisap melalui sedotan dapat dihentikan.

Anda bisa memulainya dengan kebiasaan lain seperti makan cemilan buah atau hal lain yang tidak menyebabkan lebih banyak udara tertelan.

5. Porsi makan teratur 

Hindari makan terlalu banyak sekaligus atau melewatkan makanan dalam waktu yang lama. Makan dengan porsi yang teratur dapat membantu mengoptimalkan proses pencernaan dan mengurangi seringnya sendawa.

6. Kurangi gejala GERD

Frekuensi sendawa yang sering bisa menjadi penanda penyakit lambung seperti GERD.. Untuk sakit maag ringan dan sesekali, obat antasida atau cara lain yang dapat diperoleh bebas di apotek mungkin membantu.

GERD mungkin memerlukan obat resep dengan kekuatan lebih tinggi atau pengobatan lainnya.

Apabila seringnya sendawa terus berlanjut atau disertai dengan gejala lain yang mengganggu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan evaluasi dan mungkin merujuk Anda ke ahli gastroenterologi untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Sederet informasi terkait masalah dan cara mengatasi sering sendawa yang bisa Anda coba secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×