kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 7 Daftar Makanan Penyebab Sembelit yang Wajib Dibatasi


Rabu, 27 September 2023 / 15:26 WIB
Ini 7 Daftar Makanan Penyebab Sembelit yang Wajib Dibatasi
ILUSTRASI. Ini 7 Daftar Makanan Penyebab Sembelit yang Wajib Dibatasi. dok/Safe Food


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan Penyebab Sembelit - JAKARTA. Periksa sederet makanan penyebab sembelit yang wajib diketahui. Konsumsi makanan sehat perlu untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menghindari susah Buang Air Besar (BAB).

Sembelit adalah kondisi di mana terjadi sulit buang air besar atau frekuensi buang air besar yang rendah, sering disertai dengan kerasnya tinja.

Beberapa makanan dapat menyebabkan sembelit atau memperburuk gejalanya. Sehingga, Anda perlu membatasinya secara langsung karena sistem pencernaan bekerja dalam sehari.

Makanan rendah serat adalah penyebab umum sembelit. Serat membantu melunakkan tinja dan meningkatkan gerakan usus.

Baca Juga: Ini 7 Penyebab Perut Sakit Setelah Makan yang Timbulkan Rasa Perih

keju swiss berlubang

Makanan rendah serat meliputi daging olahan, produk susu, makanan cepat saji, dan makanan yang terlalu diproses.

Selain itu, konsumsi minuman yang tidak sesuai dengan timbangan berat badan akan menyulitkan tubuh mengolah makanan. Bahkan, ini akan berdampak juga pada kesehatan ginjal untuk mengolah protein dan zat lainnya.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa makanan penyebab sembelit yang wajib dihindari.

Cek sederet makanan penyebab sembelit yang rendah serat dilansir dari laman Everyday Health.

Baca Juga: Pahami 7 Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

Makanan penyebab sembelit

1. Produk Susu

Keju, es krim, dan produk susu lainnya memiliki kandungan kalsium tinggi, yang memiliki sifat mengikat tinggi dan dapat menyebabkan sembelit pada beberapa orang.

Balita dan anak-anak mungkin sangat sensitif terhadap produk susu. Di sisi lain, produk susu fermentasi seperti yogurt atau kefir dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi kemungkinan sembelit.

2. Daging Merah

Daging merah tinggi protein dan seringkali mengandung lebih banyak lemak dibandingkan jenis daging lainnya, sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu, daging merah tidak mengandung serat, nutrisi terpenting untuk mengatasi sembelit.

Makan daging merah mungkin menggantikan pilihan serat yang lebih tinggi seperti kacang-kacangan, sehingga semakin memperburuk sembelit.

Daripada menambahkan lebih banyak makanan yang menyebabkan sembelit pada makanan, pastikan makanan disajikan dengan tambahan kaya serat, seperti kentang panggang (makan kulitnya) dan salad besar untuk meredakan sembelit.

3. Makanan Gorengan

Makanan berminyak dan digoreng, seperti kentang goreng, donat, bawang bombay, dan bahkan makanan yang dilapisi tepung roti seperti ikan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan makanan yang lebih sehat.

Penelitian mencatat bahwa pada beberapa orang, makanan yang digoreng dan berminyak akan memicu buang air besar yang lebih mendesak dan lebih lancar.

Pastikan Anda mendapatkan sumber serat makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

4. Olahan Makanan Ringan

Tanpa disadari, makanan ringan merupakan salah satu penyebab sembelit yang paling umum. Menu seperti keripik kentang, pretzel, cookies, pastry, dan makanan ringan olahan lainnya memiliki kandungan garam, gula olahan, dan lemak yang tinggi, serta kadar air yang rendah.

5. Karbohidrat Halus

Banyak kue kering dan makanan ringan olahan juga mengandung karbohidrat olahan, yang dapat berdampak negatif pada pencernaan.

Penyebab lain dalam kategori ini adalah roti putih dan nasi putih. Anda bisa memilih makanan pengganti lain seperti roti gandum dan nasi merah, yang dapat membantu meringankan sembelit.

6. Makanan Beku

Makanan dalam kotak mungkin nyaman, tetapi makanan tersebut jarang memiliki manfaat nutrisi dari makanan yang Anda siapkan sendiri, sehingga menempatkannya dalam daftar makanan yang dapat menyebabkan sembelit.

7. Pisang

Menariknya, pisang bisa menjadi penyebab sembelit atau sumber pereda sembelit, tergantung kematangannya. Pisang yang sudah matang, mengandung serat larut sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

Namun, pisang mentah atau hijau memiliki kadar pati resisten yang tinggi, yang bisa sangat mengikat dan menyebabkan sembelit.

Perlu diingat bahwa respons terhadap makanan dapat bervariasi antara individu, dan sebagian besar orang dapat menikmati makanan-makanan di atas tanpa mengalami sembelit.

Demikian informasi terkait makanan penyebab sembelit yang perlu dibatasi konsumsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×