Ketahui efek samping Teh Chamomile jika diminum secara berlebihan

Jumat, 12 November 2021 | 07:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Ketahui efek samping Teh Chamomile jika diminum secara berlebihan


KONTAN.CO.ID - Teh chamomile merupakan teh herbal yang terbuat dari kelopak bunga chamomile, bunga yang masih termasuk keluarga bunga aster.

Memiliki aroma bunga yang menenangkan membuat teh ini sering dikonsumsi banyak orang untuk mengatasi kecemasan, membantu tidur, bahkan menenangkan pencernaan.

Nyatanya, teh chamomile mengandung antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang baik untuk kesehatan. Teh bebas kafein ini juga sudah sejak lama digunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengobati beberapa kondisi tertentu.

Meski begitu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsinya secukupnya saja. Pasalnya, minum chamomile teaberlebih malah bisa menimbulkan efek samping yang merugikan bagi kesehatan. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Inilah radang sendi yang gejalanya mirip asam urat, wajib waspada

1. Meningkatkan risiko keguguran

Menurut jurnal yang diterbitkan di Semantic Scholar, mengonsumsi teh chamomile secara berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Jika terlalu banyak dikonsumsi, teh chamomile dapat bertindak sebagai obat pemicu kontraksi dini yang menyebabkan pendarahan, keguguran, hingga kelahiran prematur.

2. Menyebabkan kantuk yang berlebihan

Dikutip dari Mom Junction, teh chamomile memiliki sifat sedatif, yang bisa membuat ibu hamil mudah mengantuk. Ini memang baik bagi ibu hamil yang mempunyai masalah gangguan tidur seperti insomnia.

Tapi, sebaiknya tidak mengonsumsi teh chamomile terlalu banyak karena dapat menghambat aktivitas ibu hamil dengan rasa kantuk yang selalu muncul.

3. Memicu alergi

Menurut FirstCry Parenting, teh chamomile berasal dari keluarga bunga aster. Bila ibu hamil mempunyai alergi dengan jenis bunga tersebut, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi teh chamomile.

Sebab, teh chamomile kemungkinan dapat menimbulkan reaksi alergi yang sama dengan bunga aster. Gejala alerginya termasuk hidung tersumbat, pilek, mata merah yang gatal dan berair.

4. Bisa meniru hormon estrogen

Teh chamomile memiliki sifat yang mirip dengan hormon kehamilan, yaitu estrogen. Kelebihan hormon estrogen di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti perut kembung, badan lemas, hingga kerontokan rambut.

Pada kasus yang parah, hormon estrogen berlebih juga dapat memicu kanker payudara atau rahim.

5. Bisa berinteraksi dengan obat

Salah satu hal yang perlu kamu ingat saat mengonsumsi teh herbal adalah bahwa minuman tersebut bisa berinteraksi dengan obat lain, dan chamomile tea tidak terkecuali.

Hindari mengonsumsi teh chamomile bersamaan dengan obat pengencer darah, seperti warfarin, heparin, clopidogrel, ticlopidine atau pentoxifylline.

Chamomile mengandung senyawa pengencer darah alami, sehingga bisa meningkatkan risiko perdarahan internal bila diminum bersama obat pengencer darah.

Baca Juga: Jelang libur natal dan tahun baru, pengelola fasilitas publik diminta bentuk satgas

Itulah efek samping mengonsumsi chamomile tea berlebih. Oleh karena belum diketahui keamanan jangka panjangnya, chamomile teatidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. 

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila ingin memberi teh ini pada anak-anak. Bila Anda mengalami salah satu efek samping teh chamomile di atas, jangan tunda lagi untuk segera datang ke dokter.

Selanjutnya: Jangan Sepelekan ! Ini 4 Gejala Awal Stroke Saat Usia Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru